Main Article Content

Abstract

Petir merupakan peristiwa alam berupa pelepasan energi sesaat (energy storage) berupa rangkaian aliran listrik yang sangat besar yang akan di lepaskan oleh alam semesta dengan tujuan ke bumi yang bersifat netral. Untuk mengatasi Bahaya yang ditimbulkan akibat adanya sambaran petir penelitian dilakukan dengan menggunakan metoda bola gelinding (rolling sphere) dan sistem pentanahan yang tedapat pada menara Smartfren sebagai sistem pengaman dalam melindungi dan mengurangi dampak kerusakan pada perumahan masyarakat. Berdasarkan hasil analisa pembahasan diperoleh Elektroda Vinial sebagai penangkal petir yang dipasang pada menara PT. Smartfren mampu untuk melindungi perumahan atau bangunan yang berada di area menara dengan sudut lindung 25,98° dengan jarak sudut lindung sebesar 128,15 meter. Besar nilai tahanan pentanahan yang dipasang pada area menara PT. Smartfren sebesar 59,5 ohm.

Article Details

Author Biographies

Abrar tanjung, Universitas Lancang Kuning

Universitas Lancang Kuning

Elvira Zondra, Universitas Lancang Kuning

Universitas Lancang Kuning

References

  1. Abdul Hadi, As Pabla, Sistem Distribusi Daya Listrik, Erlangga, Cetakan Pertama, 1994.
  2. Aris A. Munandar, Teknik Tegangan Tinggi, Pradnya Paramita, Cetakan kedelapan, 2001.
  3. LIPI, “Peraturan Umum Penangkal Petir untuk Bangunan di Indonesia”, Direktorat Penyelidikan Masalah bangunan, Jakarta, 2006.
  4. Lestari Naomi, Analisis Pemetaan Sambaran Petir Akibat Bangunan Bts Terhadap Lingkungan Dan Sekitarnya Di Kota Medan, Jurnal Meteorologi dan Geofisika, vol 11 no 2 Nopember, 2010.
  5. Hutauruk, “ Gelombang Berjalan dan proteksi Surja, Erlangga, Jakarta, 1991
  6. Hutaruruk, “Pengetanahan Netral Sistem Tenaga”, Erlangga, Jakarta, 1991.
  7. Spannur Bandri, “Sistem Proteksi Petir Internal Dan Ekternal”, Jurnal Teknik Eletro ITP, Volume 3 No. 1; Januari 2014
  8. Zoro, Reynaldo, “Pelatihan Sistem proteksi dan Sistem Grounding”, ITB, Bandung, 2008.