Implementasi Autopilot Pada Prototype Kapal Berbasis Gps Di Danau PCR

Authors

  • Fauzan Gustansyah Politeknik Caltex Riau
  • Muhammad Diono Politeknik Caltex Riau
  • Wakhyu Dwiono Politeknik Caltex Riau

Abstract

Kapal adalah suatu alat transportasi yang masih banyak dimanfaatkan sampai saat ini. Dan tentunya sebagai alat transportasi, tidak luput dari terjadinya kecelakaan, baik yang disebabkan oleh kelalaian nahkoda maupun kerusakan pada sistem kapal. Untuk mengurangi terjadinya kecelakaan maka akan diberikan suatu sistem autopilot yang nantinya diharapkan dapat membantu mengurangi kecelakaan, dan dapat menjalankan kapal tanpa harus menggunakan tenaga manusia seutuhnya. Dimana nantinya sistem ini akan mengaplikasikan GPS sebagai navigator, kapal akan bergerak mengikuti arah yang telah diatur oleh GPS. Untuk mengurangi terjadinya benturan, kapal akan diberikan sebuah sensor ultrasonik yang berfungsi untuk mendeteksi halangan dan kemudian akan membelokkan kapal secara otomatis. Untuk pemberian perintah kepada mikrokontroler akan dilakukan dengan mengirimkan SMS. Kemudian data akan dikirim secara realtime kepada user untuk ditampilkan pada sistem informasi.

Author Biographies

Fauzan Gustansyah, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

Muhammad Diono, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

Wakhyu Dwiono, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

References

Nita Wahyu Astuti.2009. Sistem Keamanan Menggunakan Sensor PIR dengan Metode Mikrokontroler “AT89S51â€ouput berupa bunyi buzzer. Semarang. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Diponogoro.

Yeni Marnis.2011. Sistem Keamana Ruangan Otomatis Berbasis Mikrokontroler Dengan keluaran Suara. Padang. Universitas Andalas Padang

Elprida Sidabutar,Novricona Banjar Nahor . 2013. Perancangan dan Pembuatan Sitem Pengamanan Rumah Dengan Menggunakan Sensor PIR Berbasis At-Mega 8535. Medan. Fakultas Teknik. Politeknik Negri Medan

Furrita Upik.. Perancangan Sistem Kontrol Keamanan Ruang Berbasis SMS Menggunakan Modul GSM Dan Mikrokontroler ATMEGA 8535. Fakultas Teknik. Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri Teknologi Sepuluh November.

Published

2017-02-23

Issue

Section

Artikel