RC Boat Dengan Controlling Mengikuti Pergerakan Tangan Manusia

Authors

  • Muhammad Saleh Arif Politeknik Caltex Riau
  • Arif Gunawan Politeknik Caltex Riau
  • Wahyuni Khabzli Politeknik Caltex Riau

Abstract

Penggunaan kabel sebagai media pengiriman data atau alat komunikasi sudah semakin dikurangi penggunaannya, salah satu contoh dari media yang digunakan untuk komunikasi atau pengiriman data tanpa menggunakan kabel adalah gelombang radio. Proyek akhir ini menggunakan gelombang radio atau RC (Radio Control). Alat ini berbentuk  prototype kapal boat yang bisa kita gerakkan dari jarak jauh (max 500 m) dengan sebuah sensor kemiringan (accelerometer). Untuk perintah maju, sensor membentuk sudut mulai dari 30º, belok kanan sensor pada 45º, dan belok kiri sensor pada sudut -45º. Alat ini juga menggunakan sebuah camera wireless dengan jarak transmisi maksimal 30 meter untuk melakakukan pemantauan di daerah sekitar kapal boat, dan sebuah layar monitor pada user yang menampilkan hasil dari camera wireless, dan menggunakan modul microcontroller arduino UNO  sebagai pengolahan datanya. Dengan begitu user tidak mengalami kesulitan dalam mengoperasikan alat, user hanya butuh memiringkan tangan untuk mengendalikan RC prototype boat. Kecepatan motor di uji dengan menghitung waktu tempuh kapal pada satu rute yang sudah di tetapkan. Saat pengujian kemiringan sensor 45º waktu tempuh kapal 9,39 detik , saat 60º waktu tempuh kapal 7,60 detik dan terakhir saat dimiringkan 90º waktu tempuh kapal 5,59 detik. Semakin besar sudut kemiringan sensor maka kecepatan motor juga semakin besar.

Author Biographies

Muhammad Saleh Arif, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

Arif Gunawan, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektronika Telekomunikasi

Wahyuni Khabzli, Politeknik Caltex Riau

Teknik Telekomunikasi

References

Abadi, Muslim. RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR LANGKAH KAKI DENGAN SENSOR ACCELEROMETER DAN FASILITAS KOMUNIKASI WIRELESS 2,4 GHz, Teknik Telekomunikasi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Padillah, Heru Andra 2013, KONTROL WIRELESS ROBOT BIONIK JARI TANGAN MENGGUNAKAN ARDUINO UNO, Teknik Elektronika Telekomunikasi, Politeknik Caltex Riau, Rumbai.

Veronika, Maria, RANCANG BANGUN JARI TANGAN ROBOT PENGIKUT PERGERAKAN JARI TANGAN MANUSIA, Teknik Informatika, STMIK GI MDP.

Published

2017-02-23

Issue

Section

Artikel