Mobile Application Video Streaming H.265 (High Effeciency Video Coded) via Wireless

Authors

  • Maria Natalena Politeknik Caltex Riau
  • Hamid Azwar Politeknik Caltex Riau
  • Cyntia Widiasari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Pada perkembangan teknologi ini, layanan di bidang telekomunikasi sangat membantu seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan secara efisien. User sering mengalami kendala atau permasalahan ketika sedang melakukan video streaming. Misalnya ketika ukuran dari video streaming yang diakses oleh user begitu besar pasti akan sering mengalami putus-putus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah metode untuk mengkompres video sebelum ditransmisikan ke client tanpa mengurangi kualitas video tersebut. Pada proyek akhir ini menggunakan H.265 sebagai metode kompresi dan mobile device sebagai client, dimana client dapat melakukan streaming video menggunakan aplikasi android yang dibuat. Kemudian dilakukan pengujian QoS dari video streaming meliputi throughput  menggunakan wireshark. Pada pengukuran video video elephant dream dengan resolusi 360x640 dengan bitrate 548 kbps yang didapatkan besar yaitu 9.126Mbps dan delay 0,905 ms sedangkan ketika terdapat 5 client yang menggunakan aplikasi ini didapatkan nilai throughput sebesar 4.370Mbps dan delay yang terukur 2,767ms. Hal ini berarti bahwa semakin banyak client maka mempengaruhi throughput dan delay saat melakukan streaming video.

Author Biographies

Maria Natalena, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

Hamid Azwar, Politeknik Caltex Riau

Teknik Telekomunikasi

Cyntia Widiasari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Telekomunikasi

References

http://jurnal.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/v09-n01/volume-91-artikel 2.pdf/pdf/volume-91- artikel-2.pdf

http://livekembuan.files.wordpress.com/2013/05/pengantar-wireless-lan.pdf

http://www.geocities.ws/malikiinfo/j4.pdf

http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-24197-2203109017-Paper.pdf

Tambunan Br,Fera. “Implementasi Video Streaming H.265 (High Efficiency Video Coded) dengan Menggunakan Jaringan LAN” Politeknik Caltex Riau,2014 (Tugas Akhir)

Tri Daryanto,Kalamullah Ramli, Bagio Budihardjo, 2006. “Analisa Kinerja dan Imp"lementasi Adaptive Transcoder Pada Jaringan LAN (Local Area Network)”. Yogyakarta: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)

Published

2017-02-23

Issue

Section

Artikel