Sistem Pemantauan Taksi Menggunakan GPS Berbasis Radio Frekuensi

Authors

  • Risnu Rivandy Politeknik Caltex Riau
  • Arif Gunawan Politeknik Caltex Riau
  • Cyntia Widiasari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan semakin mudahnya melakukan pekerjaan yang membutuhkan ruang gerak tak terbatas. Pada system positioning ini, sentral akan dapat melihat posisi seluruh armada taksinya dengan jelas pada layar monitor. Pada sytem positioning ini dimana pada saat konsumen memesan armada taksi, maka sentral akan membroadcast pesan melalui radio frekuensi untuk seluruh armadanya untuk mengirimkan data posisinya. Pada sistem ini sentral menyesuaikan posisi taksi dengan alamat terdekat dari konsumen. Seluruh supir taksi menekan tombol PTT 1 dimana PTT 1 akan mengirimkan data posisi yang dikeluarkan GPS dan ditransmitkan melalui radio frekuensi. Kondisi lapangan jika 2 taksi berdekatan dalam 1 lokasi dan dekat dengan lokasi konsumen maka PTT 2 dapat dipergunakan sebagai kondisi default HT, secara  otomatis supir dan sentral dapat berkomunikasi. Pada penelitian ini sentral juga dapat melihat jumlah argo yang ada pada taksi. Menghindari kecurangan dan penipuan terhadap bukti pembayaran bahan bakar, pada penelitian ini setiap taksi melakukan pengisian bahan bakar maka sentral akan dapat mengetahuinya.

Author Biographies

Risnu Rivandy, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

Arif Gunawan, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

Cyntia Widiasari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Telekomunikasi

References

Wahyuni, Adek Indah. 2006. RANCANG BANGUN SISTEM LELANG TAKSI DENGAN MEMANFAATKAN PENGKODEAN DTMF. Pekanbaru. Politeknik Caltex Riau. Di ambil tanggal 21 Oktober 2014.

Harijanto, Frenky & Helmy Widyantara. 2008. MOBILE MONITORING SYSTEM USING GLOBAL POSITIONING SYSTEM BASED ON RADIO FREKUENCY. Surabaya. STIKOM. Di ambil tanggal 28 Oktober 2014.

Hendrianto. 2009. SISTEM REMOTE MONITORING GEDUNG BERBASIS MIKROKONTROLER MELALUI RADIO FREKUENSI HT. Bandung : Kristen Maranatha. Di ambil tanggal 4 November 2014.

Setiawan, Agung. 2014. SISTEM PENYIRAMAN DAN PEMUPUKAN OTOMATIS MENGGUNAKAN RTC(REAL TIME CLOCK) DAN SENSOR KELEMBABAN TANAH BERBASIS ADRUINO UNO R3. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada. Di ambil tanggal 10 Desember 2014.

Miasari, Devi. 2013. TERRESTIAL TRUNKED RADIO COMMUNNICATION SYSTEM PLANNING IN JUANDA. Surabaya : Politeknik Elektronika Negeri. Di ambil tanggal 10 Desember 2014.

Khoswanto, Hendry & Resmana Lim. 2005. TRAFFIC LIGHT CONTROLLER MENGGUNAKAN MEDIA RF. Surabaya : Universitas Kristen Petra. Di ambil tanggal 10 Desember 2014.

Muttaqin, Adharul & Zainul Abidin. 2005. IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI

TRANSMISI TEKS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER. Surabaya : Universitas Brawijaya. Di ambil tanggal 10 Desember 2014.

Muda, Mona Arif & Yunita Susanti. 2007. RANCANG BANGUN SISTEM ENSKRIPSI SEBAGAI SECURITY KOMUNIKASI HANDIE-TALKIE MENGGUNAKAN MIROKONTROLLER AVR SERI. Bandar Lampung : Universitas Lampung. Di ambil tanggal 10 Desember 2014.

Published

2017-02-23

Issue

Section

Artikel