Prototype Pembersih Udara pada Smooking Room Memanfaatkan Tegangan Tinggi

Authors

  • Siti Aisyah Yose Rizal Politeknik Caltex Riau
  • Noptin Harpawi Politeknik Caltex Riau
  • Arif Gunawan Politeknik Caltex Riau

Abstract

Saat ini sudah banyak fasilitas atau daerah yang dilengkapi dengan ruangan untuk merokok. Namun, masalah muncul ketika perokok aktif berada didalam ruangan merokok, asap rokok yang timbul akan terkurung didalam ruangan merokok karena kebanyakan ruangan merokok tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus, sehingga polutan seperti kandungan karbon monoksida didalam ruangan tersebut menjadi sangat tinggi. Berdasarkan Keputusan Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Nomor KEP 107/Kabapedal/11/1997 yang terdapat pada Indeks Standar Pencemar Udara dengan ketentuan waktu, rentang Gas CO dalam kategori baik yaitu 0 – 50 ppm, kategori sedang 51 – 100 ppm dan dikategorikan tidak sehat yaitu 101 – 199 ppm. Oleh karena itu dirancang sebuah alat untuk mengurangi polutan seperti karbon monoksida dengan memanfaatkan sensor MQ-7, rangkaian penghasil tegangan tinggi serta filtrasi gas polutan dan ventilator khusus. Polutan akan dipecah oleh rangkaian tegangan tinggi dan diserap oleh filter karbon aktif, sehingga polutan seperti karbon monoksida dalam ruangan merokok akan berkurang. 

Author Biographies

Siti Aisyah Yose Rizal, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

Noptin Harpawi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Telekomunikasi

Arif Gunawan, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

References

Talumewo, Robert. 2012. Rancang Bangun Alat Pengkondisi Udara Pada Ruangan Menggunakan Sensor CO dan Temperatur. Manado. Fakultas Teknik. UNSRAT. Diambil tanggal 19 Oktober 2014.

Sari, Ovina Ambar. Prototipe Pemutar sirkulasi Udara Otomatis Melalui Deteksi Kualitas Udara dalam Ruangan Berbasis Mikrokontroller. Bandung. Institut Teknologi Telkom Bandung. Diambil tanggal 19 Oktober 2014.

Mandagi, Albert dan Immanuel, Stheven. 2014. Penggunaan Sensor Gas MQ-2 sebagai Pendeteksi Asap Rokok. Jakarta. Fakultas Teknik. Universitas Trisakti dan Kristen Krida Wacana. Diambil tanggal 18 Oktober 2014.

Kosegeran, Victor V. 2013. Perancangan Alat Ukur Kadar Karbon Monoksida (CO), Karbon Dioksida (CO2) dan Hidro Karbon (HC) Pada Gas Buang Kendaraan Bermotor. Manado. Fakultas Teknik. UNSRAT. Diambil tanggal 18 Oktober 2014.

Raditya, Achmad. Perancangan Pembangkit Tegangan Tinggi DC Full Wave Walton Cockcroft dan Aplikasinya sebagai Pengendapan Debu secara Elektret. Teknik Elektro. Diambil tanggal 10 November 2014.

Published

2017-02-23

Issue

Section

Artikel