“Implementasi Smart City” Sistem Informasi Pendeteksi Kondisi Lalu Lintas Menggunakan IP Camera Dengan Berbasis Web dan Android

Authors

  • Syahrul Mubarrak Politeknik Caltex Riau
  • Mochammad Susantok Politeknik Caltex Riau
  • Rizki Dian Rahayani Politeknik Caltex Riau

Abstract

Pada umumnya di Indonesia terutama kota metropolitan seperti Jakarta, Bandung, dan termasuk pekanbaru sering terjadi kemacetan dikarenakan selain bertambahnya jumlah kendaraan dan faktor bencana alam seperti adanya kecelakaan, jalan yang rusak, kendaraan mogok dan lain-lain. Dari fakta yang terjadi, perlu adanya penelitian yang mampu mendeteksi secara dini terjadinya kemacetan dan dapat menginformasikan langsung kepada masyarakat tentang kondisi titik kemacetan yang terjadi. Penelitian dilakukan dengan cara live streaming menggunakan IP Camera diolah oleh pc server dengan format database.xml dan html sebagai penyimpanan data di website dengan memanfaatkan aplikasi Gmaps sebagai informasi, dimana data tersebut diperbarui terus pada situs website dan android nya. Penelitian ini menggunakan dua buah IP Camera dimana pada live streaming IP Camera terdapat 3 virtual box yang jika dilewati mobil memenuhi 3 virtual box tersebut maka data akan dideteksi sebagai kondisi macet dan kemudian jika mobil melewati virtual box tersebut tidak terpenuhi lagi maka data akan dideteksi sebagai kondisi tidak macet. Hasil Penelitian berupa data pengujian siang hari dan malam hari. Terdapat nilai selisih jeda antara macet ke tidak macet saat pendeteksian sistem yaitu 1-4 detik. Pengujian dilakukan selama 30 menit dengan pengambilan data setiap 5 menit, kemudian di X 100%. 

Author Biographies

Syahrul Mubarrak, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

Mochammad Susantok, Politeknik Caltex Riau

Teknik Telekomunikasi

Rizki Dian Rahayani, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektronika Telekomunikasi

References

Dodi Rahmad, Makmur. (2014). Implementasi Metode Tamplate Matching Untuk Mendeteksi Pergerakan Objek Dengan Menggunakan IP Camera. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.

Permana,Indra (2008). Pemantauan Kondisi Lalu Lintas Menggunakan Smart Visualisation System. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Miftakhul,huda. (2008). Membuat Applikasi database dengan Java, MySQL, dan NetBeans, (hal 181-182).

Rizki,Mardita. (2010). Sistem Pengendali Dan Pemantau Lampu Lalu Lintas Melalui Internet Menggunakan Webcam. Depok: Universitas Gunadarma.

Apriadi,Andhika. (2013). Pembuatan Aplikasi Sistem Peringatan Untuk Poensel Berbasis Android. Depok: Universitas Gunadarma.

Published

2017-02-23

Issue

Section

Artikel