Otomatisasi Pembayaran Tarif Tol Berdasarkan MAC Address Pengguna (User)

Authors

  • Tengku Rahma Fatmelia Politeknik Caltex Riau
  • Rizki Dian Rahayani Politeknik Caltex Riau
  • Wahyuni Khabzli Politeknik Caltex Riau

Abstract

Pembayaran tarif keluar tol dapat dikatakan masih kurang baik dalam pelayanannya. Pada saat pembayaran tarif tol masih banyak mengalami masalah pengantrian saat keluar tol tersebut. Hal ini dikarenakan perlunya akses pembayaran uang cash untuk keluar tol dan memerlukan pengembalian saat melakukan transaksi pembayaran. Pada Tugas Akhir ini akan dibuat sebuah database yang berisi MAC Address yang sudah terdaftar serta jumlah saldo deposit yang dimiliki pengguna. Palang otomatis terbuka apabila tarif diterima dari modul Tx KYL dengan jarak maksimum transmit data <500 meter, MAC Address smartphone yang berada dalam jarak jangkauan Access Point (<120 meter) sesuai dengan database registrasi, saldo deposit mencukupi untuk pembayaran tarif, dan aplikasi android menampilkan saldo yang sudah berkurang. Dimana tarif yang berlaku untuk truk 5000, minibus 3000, dan sedan 2000. Sistem ini memerlukan waktu untuk penerimaan tarif dari modul Tx KYL selama 11 detik dan proses pembukaan palang serta pemotongan saldo dilakukan secara realtime. Pada sistem ini jika saldo user tidak mencukupi untuk pembayara tarif, maka user harus melakukan pembayaran secara manual. Kemudian web mengupdate jumlah kendaraan yang lewat perhari berdasarkan tarif yang berlaku. Proyek akhir ini diharapkan bermanfaat untuk mempermudah pengguna dalam proses pembayaran dan meminimalisir kemacetan pada pintu keluar tol.

Author Biographies

Tengku Rahma Fatmelia, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

Rizki Dian Rahayani, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektro Telekomunikasi

Wahyuni Khabzli, Politeknik Caltex Riau

Teknik Telekomunikasi

References

(Pratiwi, 2014) WPS Dengan Fungsi Beda Lantai Menggunakan Metode Clustering. Pekanbaru. Teknik Elektronika Telekomunikasi, Politeknik Caltex Riau. Diambil tanggal 15 November 2014.

(Sari, 2014). Wireless Positioning System (WPS) Menggunakan Algoritma k- Nearest Neighbor (k-NN) di area Kampus. Teknik Elektronika Telekomunikasi, Politeknik Caltex Riau. Diambil tanggal 15 November 2014.

(Shenzhen KYL Communication Equipment Co.,Ltd., t.t)“KYL-1020U Wireless Data Transceiver Module” Diambil September 2014 dari : http://www.rf-data.com

(Saputra, 2014). Aplikasi Otomatisasi Fingerprinting Pada Wps Menggunakan Multi Wall Model Pada Area Kampus Politeknik Caltex Riau. Pekanbaru. Teknik Elektronika Telekomunikasi, Politeknik Caltex Riau. Diambil tanggal 15 November 2014.

(Fuaddi, 2014). Sistem Otomatis Pengamanan Timbangan Elektrik. Pekanbaru. Teknik Elektronika Telekomunikasi, Politeknik Caltex Riau. Diambil tanggal 15 November 2014.

(Iskandar, t.t). Perancangan Sistem Jaringan Clien-Server antara loket tol dengan kantor pengelola tol an otomatisasi pembayaran loket tol berlangganan dengan menggunakan smart card. Semarang. Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Diambil tanggal 15 November 2014.

(Gionaldo, 2014). Rancang Bangun Perangkat Keras Timbangan Tonase Elektrik. Pekanbaru. Teknik Elektronika Telekomunikasi, Politeknik Caltex Riau. Diambil tanggal 15 November 2014.

(Padillah, 2013). Kontrol Wireless Robot Bionik Jari Tangan Menggunakan Arduino Uno. Pekanbaru. Teknik Elektronika Telekomunikasi, Politeknik Caltex Riau. Diambil tanggal 15 November 2014.

Published

2017-02-23

Issue

Section

Artikel