Sistem Penguncian Otomatis Siaran CATV Analog (Transmitter)

Authors

  • Siska Wulandari Politeknik Caltex Riau
  • Arif Gunawan Politeknik Caltex Riau
  • Mochammad Susantok Politeknik Caltex Riau

Abstract

Kurangnya kesadaran pelanggan CATV analog dalam melakukan pembayaran secara on time, membuat pihak  penyedia layanan harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendatangi pelanggan secara door to door. Dengan adanya sistem penguncian otomatis siaran CATV analog (transmitter) akan membantu pihak penyedia layanan dalam manangani pelanggan yang belum melakukan pembayaran untuk memperpanjang masa berlangganan. Sistem penguncian otomatis siaran CATV analog (transmitter) ini dibuat dengan mengirim database  pelanggan yang berupa ID pelanggan, nama pelanggan, dan lama berlangganan ke modulator FSK. Output dari modulator FSK dimodulasi menggunakan modulator RF 607,25 MHz. Output modulator RF digabung dengan keluaran headend didalam combiner yang selanjutnya akan dikirim ke bagian penerima. Dimana bagian penerima tersebut berfungsi untuk membuka dan mengunci siaran. Dari hasil yang telah dilakukan ketika user melakukan pengiriman data ke bagian penerima, maka penerima akan menerima data yang sesuai dengan data yang dikirim oleh bagian pengirim. Misalanya user mengirimkan angka 1, maka bagian penerima akan menerima angka 1 juga. Setelah melakukan pengiriman data yang memiliki ID pelanggan yang berbeda-beda sebanyak 3 kali pengiriman , banyak data yang berhasil dikirim ke penerima hanya 2 data. Yaitu pelanggan dengan ID 12345 dan ID 6789. Maka persentase keberhasilannya adalah 66,7%.Kata kunci: CATV, RF modulator, Frequency Shift Keying(FSK), Database pelanggan

Author Biographies

Siska Wulandari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektronika Telekomunikasi

Arif Gunawan, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektronika Telekomunikasi

Mochammad Susantok, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektronika Telekomunikasi

References

Anonymous, "Scrambling ( Conditional Access System)," CORONA Publishing co., Ltd. No.12, 2002.

U. Habibah and dkk, "Alat Bantu Mata Kuliah Sistem Komunikasi Bagian Modulasi DIgital," Sekolah Tinggi Teknologi Telkom, Bandung., 2006.

D. S. Lestari and dkk, "Perancangan dan Implementasi Perangkat Transmitter Satelit ITS-SAT pada Frekuensi 436,915 MHz," Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya., 2013.

B. E. Purnama, "Sistem Komunikasi Data Menggunakan Gelombang Radio," Universitas Surakarta, 2010.

Published

2017-02-23

Issue

Section

Artikel