Penentuan Pola Hubungan Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Teknik Association Rule
Abstract
Tingginya jumlah kecelakaan yang terjadi menjadi alasan penting bagi pihak Satuan Lalu Lintas khususnya Polresta Pekanbaru untuk mengetahui hubungan yang cenderung terbentuk dari penyebab terjadinya kecelakaan. Hubungan tersebut terbentuk dengan menggunakan teknik data mining untuk menemukan informasi berupa pola yang dapat menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan di Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru. Teknik data mining yang digunakan dalam memproses kecelakaan lalu lintas yaitu teknik association rule dengan algoritma FP-Growth. Algoritma ini menerapkan struktur data tree untuk mengetahui pola kecelakaan lalu lintas. Suatu pola ditentukan oleh dua parameter, yaitu support (nilai penunjang) dan confidence (nilai kepastian). Sistem dibuat berbasis desktop dengan Bahasa pemograman Visual Basic.Net. Sistem ini menghasilkan pola kecelakaan yang sering terjadi. Berdasarkan pengujian lift ratio didapatkanlah pola kecelakaan yang paling sering terjadi adalah “Faktor kecelakaan dengan Jenis_Luka Luka Ringan, Jenis_Jalan Jalan Arteri, Waktu Padat Kendaraan, Jenis_Kelamin Perempuan† dengan nilai lift ratio 1.1948%. Sedangkan hasil pengujian skala likert didapatkanlah bahwa persentase rata rata 88.09% user merasa dimudahkan dengan sistem ini dan dapat membantu user dalam mengetahui pola kecelakaan yang sering terjadi.Kata kunci: Kecelakaan Lalu lintas, Associattion Rule, FP-Growth, Visual Basic.netReferences
Arifin, R. N. (2015). Implementasi Agoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) Menentukan Asosiasi antar Produk (Studi Kasus: Nadiamart). Jurnal Teknik ITS, 68-76.
Fitriyani. (2015). Implementasi Algoritma FP-Growth Menggunakan Association Rule pada Market Base Analysis. Jurnal Informatika, 2, 296-305.
Fitriany Sitanggang, L. (2014). Aplikasi Data Mining Association Rule dengan Algoritma FP-Growth Untuk Mengenali Pola Pembelian Pelanggan pada Toko Kue (Studi Kasus : L’Cheese Factory). Politeknik Caltex Riau.
Hakim, L. (2015). Penentuan Pola Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Metode Association Rule dengan Algoritma Apriori. University Research Colloquium, 73-81.
Ririanti. (2014). Implementasi Algoritma FP-Growth pada Aplikasi Prediksi Persediaan Sepeda Motor (Studi Kasus PT. Pilar Deli Labumas). Pelita Informatika Budi Darma, 6, 139-144.
Todingrara, M. (2013). Tinjauan Kriminologis terhadap Pelanggaran Lalu Lintas yang Menimbulkan Kecelakaan Berakibat Kematian (Studi Kasus Polres Tana Toraja Tahun 2009-2012). Universitas Hasanuddin.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.