Pembangunan Mobile Game Edukasi Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau
Abstract
Proses pembelajaran dilakukan untuk mengembangkan potensi diri, mengembangkan kepribadian serta pengendalian diri dari setiap pribadi manusia. Hal tersebut dapat dilakukan secara formal maupun nonformal yang dapat diartikan sebagai edukasi. Game dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran yang biasa disebut dengan game edukasi. Pariwisata digunakan sebagai objek wisata untuk dapat meningkatkan pendatang mengunjungi suatu daerah, khususnya Provinsi Riau. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan game edukasi untuk pengenalan kebudayaan dan pariwisata di Provinsi Riau. Game edukasi yang dibangun menggunakan sistem operasi berbasis android dan dirancang berdasarkan hasil kebutuhan kualitas mobile game pariwisata Provinsi Riau oleh Trisnadoli, dkk. Pengujian yang dilakukan menggunakan survei dan observasi mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa game Ayo Wisata telah memenuhi kebutuhan kualitas mobile game pariwisata Provinsi Riau, dengan kualitas yang baik berdasarkan functional Suitability pada ISO 25010. Semua pemain menambah wawasan tentang pariwisata dan kebudayaan di Provinsi Riau setelah memainkan mobile game Ayo Wisata.Kata kunci: Game, Mobile game, Game Edukasi, kebutuhan kualitas, Pariwisata dan Kebudayaan, Provinsi Riau.AbstractReferences
Handriyantini, E. 2009. Permainan edukatif (educational games) berbasis komputer untuk siswa sekolah dasar. Malang: Jurnal Sekolah Tinggi Informasi dan Komputer Indonesia.
Hikmatyar, Mirza. 2015. Analisis Pengembangan Game Edukasi “Indonesiaku†Sebagai Pengenalan Warisan Budaya Indonesia Untuk Anak Usia 12-15 Tahun. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sulaiman, Mulki. 2012. Pembangunan Aplikasi Game Edukasi Pariwisata Indonesia. Yogyakarta: Universitas Komputer Indonesia.
Trisnadoli, Anggy 2015. Analisis Kebutuhan Kualitas Perangkat Lunak Pada Software Game Berbasis Mobile. Jurnal Komputer Terapan No. 1(2).Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.
Trisnadoli, Anggy, Istianah Muslim & Wenda Novayani. 2016. Software Quality Requirement Analysis on Educational Mobile Game with Tourism Theme.Journal Of Software No. 11(12).Tokyo: International Academy Publishing.
Vigorsinanjung, Viningrum. 2014. Perancangan Dan Pembuatan Game Edukasi Untuk Memperkenalkan Objek Wisata di Kulon Progo. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.