Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kulit Pada Balita Menggunakan Metode Bayesian Berbasis Android

Authors

  • Eka Rahmadianingsih Politeknik Caltex Riau
  • Kartina Diah Kusuma Wardhani Politeknik Caltex Riau
  • Satria Perdana Arifin Politeknik Caltex Riau

Abstract

Penyakit kulit merupakan salah satu gangguan kulit yang sering terjadi pada balita, karena balita memiliki kulit yang relatif lebih tipis dengan ikatan antar sel yang longgar. Jika balita terkena penyakit kulit akan membuatnya sering menangis, sulit tidur, dan menjadi tidak nyaman sehingga menjadi suatu masalah bagi orangtua. Jika balita terkena penyakit kulit biasanya orangtua akan menemui pakar secara langsung, namun tidak semua orangtua dapat melakukannya karena membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibangunlah sebuah sistem yang dapat menjadi alternatif dalam melakukan diagnosa penyakit kulit pada balita dengan sistem pakar tanpa harus menemui pakar atau dokter secara langsung berbasis Android. Sistem ini dibangun menggunakan metode bayesian sebagai cara untuk menghasilkan kesimpulan berdasarkan pengetahuan dari pakar. Sistem ini dapat mendeteksi sembilan jenis penyakit kulit pada balita yaitu Eksim Popok, Biang Keringat, Cacar Air, Campak, Impetigo Bulosa, Impetigo Krustosa, Kadas/Kurap, Dan Skabies. Terdapat tiga pengujian yaitu pengujian Black Box, pengujian validitas oleh pakar, dan pengujian kuisioner terhadap responden. Didapatkan hasil bahwa seluruh fungsionalitas telah terpenuhi dan sistem 100% dapat diterima oleh pengguna. Kemudian hasil validitas pakar dengan keakuratan sistem sebesar 86,00%.Kata kunci: Sistem Pakar, Penyakit Kulit, Balita, Bayesian, Android.

Author Biographies

Eka Rahmadianingsih, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Kartina Diah Kusuma Wardhani, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Satria Perdana Arifin, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

A. Djuanda, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin (5rd ed), Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2010.

B. Mulia, Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Mendeteksi Penyakit Kulit Balita, 2015.

“Ikatan Dokter Anak Indonesia,” 13 September 2011. [Online]. Available: http://www.feedage.com/feeds/1396219/ikatan-dokter-anak-indonesia.

S. Yastita, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web,” Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru, 2012.

V. Pawaka, “Sistem Pakar Deteksi Diabetes Mellitus Menggunakan Metode Bayesian Berbasis Web,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) Vol 2, No 1, 2015.

S. Sibagariang, Sistem Pakar Diagnosis Penanganan Dini Pada Penyakit Sapi Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Android, 2015.

Agustina, Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kista Ovarium Dengan Menggunakan Metode Bayes. Pelita Informatika Budi Darma, 2014.

S. Dhany, “Perancangan Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Anak,” USU Repository, 2009.

D. Ulya, R. Regasari dan M. T. Furwon, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Anak Menggunakan Metode Certainty Factor,” 2015.

Ramadhani, “Sistem Pakar Diagnosa Infeksi Penyakit Tropis Berbasis Web,” Jurnal Teknik Informatika Vol. 1, 2012.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel