Analysis Clustering Jenis Layanan Pada Divisi Pelayanan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Pekanbaru Menggunakan Metode K-MEANS

Authors

  • Sri Fadhillah Utami Politeknik Caltex Riau
  • Warnia Nengsih Politeknik Caltex Riau
  • Dadang Syarif Sihabudin Sahid Politeknik Caltex Riau

Abstract

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Pekanbaru merupakan salah satu kantor pajak yang berada di wilayah Riau. Pada divisi pelayanan KPP Madya Pekanbaru menyediakan berbagai jenis layanan kepada wajib pajak. Pengukuran kepuasan terhadap jenis layanan yang diberikan oleh KPP Madya Pekanbaru kepada wajib pajak harus selalu dilakukan untuk mengetahui kepuasan pada masing-masing jenis layanan serta merencanakan strategi yang lebih baik dimasa yang mendatang. Pada saat ini telah tersedia kotak saran sebagai tempat untuk wajib pajak menyampaikan saran, keluhan serta kritik yang dirasakan oleh wajib pajak, namun hal ini dianggap kurang efektif karena melalui kotak saran, misalnya saran yang diberikan wajib pajak tidak spesifik terhadap suatu jenis layanan tertentu, lalu melalui kotak saran juga tidak dapat mengetahui kualitas jenis layanan yang perlu diperbaiki dan dipertahankan. Sehingga diberi solusi dengan membangun sebuah sistem menggunakan metode k-means clustering yang dapat mengelompokkan jenis layanan untuk mengetahui kepuasan pada masing-masing jenis layanan. Metode ini dapat mengelompokkan jenis layanan yang berada pada KPP Madya Pekanbaru menggunakan beberapa variabel yaitu kecepatan layanan, ketepatan tindakan dan service. Setelah sistem dihasilkan maka  dilakukan pengujian menggunakan metode confusion matrix dengan nilai accuracy sebesar 80% dan error rate 20%. Sementara hasil pengujian menggunakan user acceptance test (UAT) sebesar 100%.Kata kunci: Kepuasan Jenis Layanan, Data Mining, K-Means Clustering

Author Biographies

Sri Fadhillah Utami, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Warnia Nengsih, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Dadang Syarif Sihabudin Sahid, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Adisasmito, S. P., & Sadjiarto, A. (2013). Analisis Kepuasan Wajib Pajak Atas Layanan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Di Lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I. Universitas Kristen Petra.

Triwibawa, A. (2012). Analisis Kepuasan Wajib Pajak Ditinjau Dari Pelayanan Kerja Karyawan Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.

Siregar, A. M. (2013). Analisa Data Mining Menggunakan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Daerah Berdasarkan Kesehatan. Politeknik Caltex Riau.

Fionda. (2013). Laporan Proyek Akhir Analisa Penjualan Barang Menggunakan Metode Clustering K-Means Untuk Perencanaan Penjualan Pada Swalayan Hawaii. Politeknik Caltex Riau.

Nengsih, W. (2013). Clustering Analysis Penilaian Unit-Unit Pelayanan Fungsional Spesialis Dalam Hal Penanganan Pasien Menggunakan Metode K-Means. Politeknik Caltex Riau..

Ong, J. O. (2013). Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President University. President University.

Hastuti, N. F. (2013). Pemanfaatan metode K-Menas Clustering dalam Penentuan Penentuan Penerimaan Beasiswa. Universitas Sebelah Maret.

Visa, S., Ramsay, B., Ralescu, A., & Knaap, E. (2011). Confusion Matrix-Based Feature Selection. Midwest Artificial Intelligence And Cognitive Science Conference.

Anarto, M. I. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Perawatan Kelapa Sawit Berbasis Web Menggunakan Asp.Net Mvc ( Studi Kasus : PT. Sari Lembah Subur). Politeknik Caltex Riau.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel