Aplikasi Identifikasi Kecerdasan Anak

Authors

  • Indah Wulandari Politeknik Caltex Riau
  • Dini Hidayatul Qudsi Politeknik Caltex Riau
  • Kartina Diah Kusuma Wardhani Politeknik Caltex Riau

Abstract

Orang tua beranggapan kecerdasan anak hanya terletak pada kemampuan berdasarkan tes IQ. Sedangkan perkembangan otak juga mempengaruhi tes IQ disetiap anak. Setiap anak memiliki potensi kecerdasan yang berbeda. Untuk mengetahui kecerdasan pada seseorang anak dapat diketahui dengan kegemaran yang dimiliki. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibangunlah sebuah sistem yang dapat menjadi alternatif dalam mengidentifikasi kecerdasan anak dengan sistem pakar tanpa harus menemui pakar atau psikolog. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, metode Certainty Factor (CF) dapat diimplementasikan ke dalam sebuah web, sehingga dapat membantu orangtua dalam mengetahui kecerdasan anak. Terdapat tiga pengujian yaitu pengujian Black Box, pengujian akurasi aplikasi, dan pengujian kuisioner terhadap responden. Didapatkan hasil bahwa seluruh fungsionalitas telah terpenuhi dan sistem 100% dapat diterima oleh pengguna. Kemudian hasil akurasi aplikasi memiliki keakuratan sistem sebesar 90,00%. Dan dari hasil perhitungan yang telah dilakukan kepada 150 responden, diperoleh hasil 77,4% bahwa responden setuju bahwa sistem bermanfaat, 81,1% setuju sistem mudah digunakan, 83,4% setuju sistem mudah dipelajari, dan 79,11% responden setuju bahwa sistem yang dihasilkan memuaskan dan sesuai dengan harapan. Kata kunci: Sistem Pakar, Kecerdasan, Certainty Factor.

Author Biographies

Indah Wulandari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Dini Hidayatul Qudsi, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Kartina Diah Kusuma Wardhani, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Munif,C. (2011). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligence di Indonesia. Jakarta: Khaifa.

Astrida, K. F. (2014). Mengembangkan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Kecerdasan Majemuk Pada Anak Usia Sekolah Dasar Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web.

Rina Harimurti, L. H. (2015). Rekayasa Sistem Pendukung Keputusan Tes Tipe Kecerdasan Majemuk Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak Menggunakan Metode Simple Additive Weighting.

Setyawan, A. P. (2016). Sistem Pakar Untuk Menentukan Pekerjaan Berdasarkan Kecerdasan Majemuk Pada Anak Berbasis Android.

Turban, dkk. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems. Yogyakarta: Andi.

S. Yastita, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web,” Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru, 2012.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel