Identifikasi Learning Style Pada Personalisasi E-Learning
Abstract
Belajar merupakan suatu usaha dan proses perubahan dalam diri seseorang untuk mencapai hal yang mendatangkan manfaat. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar dan keberhasilan pembelajaran setiap mahasiswa adalah gaya belajar (learning style). Learning style merupakan sesuatu yang dimiliki mahasiswa dalam proses pembelajaran yang tidak lepas dari materi ajar yang diberikan. Setiap mahasiswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Pembelajaran saat ini sangat beragam, salah satunya ialah pembelajaran online (e-learning). E-learning yang ada saat ini bersifat one size for all, tidak personalisasi yaitu memberikan perlakuan yang sama terhadap karakteristik mahasiswa dalam proses pembelajaran online. Kesesuaian learning style yang didapat menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam memberi rekomendasi materi sehingga dibutuhkan pembelajaran adaptif dengan e-learning yang disebut dengan personalisasi e-learning. Oleh karena itu dibangun sebuah sistem e-learning yang dapat mengidentifikasi karakteristik learning style masing-masing mahasiswa yang didasarkan pada teori learning style VARK. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk memprediksi learning style dengan metode naive bayes, hasil akurasi yang diperoleh sebesar 88,6363% dimana dari 44 data yang diuji, ada sebanyak 39 data yang berhasil diidentifikasi.Kata kunci: E-learning, Personalisasi, Learning Style, VARK, Naive Bayes.References
Hamzah, “Kajian Pustakaâ€, diambil dari http://eprints.uny.ac.id/18578/4/BAB%20II.pdf, 2006.
Tanta, “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cenderawasihâ€, Jurnal Kependidikan Dasar, 2010.
Sari, A. A, “Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatikaâ€, ISSN 2407-4489, 2014.
Suteja, B. R, “Personalisasi Konten Pendukung Pembelajaran Onlineâ€, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2016.
Nihayah, F, “Profil Gaya Belajar (Learning Style) Dan IPK Mahasiswaâ€, Jurusan Biologi Fmipa Unnes, 2011.
Xhemali, D., Hinde, C. J., Stone, R. G, “Naive Bayes vs Decision Tree vs Neural Networks in the Classification of Training Web Pagesâ€, IJCSI Internasional Journal of Computer Science Issues, 2009.
Ahmad, N., Tazir, Z., Kasim, J., & Sahat, H, “Automatic Detection of Learning Styles in Learning Management Systems By Using Literature-Based Methodâ€, Procedia Social and Behavioral Sciences, 2013.
Soewono, R., Gernowo, R., Sasongko, P, S., “Sistem Pakar Identifikasi Modalitas Belajar Siswa Dengan Implementasi Algoritma C4.5â€, Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 2014.
Spritta, C, R., “Aplikasi Teknik Classification Data Mining Kependudukan Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes Untuk Memprediksi Kondisi Pendudukâ€, Politeknik Caltex Riau 2014.
Lestari, W., “Pemetaan Gaya Belajar Mahasiswa Dengan Clustering Menggunakna Fuzzy C-Meansâ€, Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.