Identifikasi Learning Style Pada Personalisasi E-Learning

Authors

  • Jenda Litna Br Barus Politeknik Caltex Riau
  • Dadang Syarif Sihabudin Sahid Politeknik Caltex Riau
  • Meilany Dewi Politeknik Caltex Riau

Abstract

Belajar merupakan suatu usaha dan proses perubahan dalam diri seseorang untuk mencapai hal yang mendatangkan manfaat. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar dan keberhasilan pembelajaran setiap mahasiswa adalah gaya belajar (learning style). Learning style merupakan sesuatu yang dimiliki mahasiswa dalam proses pembelajaran yang tidak lepas dari materi ajar yang diberikan. Setiap mahasiswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Pembelajaran saat ini sangat beragam, salah satunya ialah pembelajaran online (e-learning). E-learning yang ada saat ini bersifat one size for all, tidak personalisasi yaitu memberikan perlakuan yang sama terhadap karakteristik mahasiswa dalam proses pembelajaran online. Kesesuaian learning style yang didapat menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam memberi rekomendasi materi sehingga dibutuhkan pembelajaran adaptif dengan e-learning yang disebut dengan personalisasi e-learning. Oleh karena itu dibangun sebuah sistem e-learning yang dapat mengidentifikasi karakteristik learning style masing-masing mahasiswa yang didasarkan pada teori learning style VARK. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk memprediksi learning style dengan metode naive bayes, hasil akurasi yang diperoleh sebesar 88,6363% dimana dari 44 data yang diuji, ada sebanyak 39 data yang berhasil diidentifikasi.Kata kunci: E-learning, Personalisasi, Learning Style, VARK, Naive Bayes.

Author Biographies

Jenda Litna Br Barus, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Dadang Syarif Sihabudin Sahid, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Meilany Dewi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Hamzah, “Kajian Pustaka”, diambil dari http://eprints.uny.ac.id/18578/4/BAB%20II.pdf, 2006.

Tanta, “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cenderawasih”, Jurnal Kependidikan Dasar, 2010.

Sari, A. A, “Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika”, ISSN 2407-4489, 2014.

Suteja, B. R, “Personalisasi Konten Pendukung Pembelajaran Online”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2016.

Nihayah, F, “Profil Gaya Belajar (Learning Style) Dan IPK Mahasiswa”, Jurusan Biologi Fmipa Unnes, 2011.

Xhemali, D., Hinde, C. J., Stone, R. G, “Naive Bayes vs Decision Tree vs Neural Networks in the Classification of Training Web Pages”, IJCSI Internasional Journal of Computer Science Issues, 2009.

Ahmad, N., Tazir, Z., Kasim, J., & Sahat, H, “Automatic Detection of Learning Styles in Learning Management Systems By Using Literature-Based Method”, Procedia Social and Behavioral Sciences, 2013.

Soewono, R., Gernowo, R., Sasongko, P, S., “Sistem Pakar Identifikasi Modalitas Belajar Siswa Dengan Implementasi Algoritma C4.5”, Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 2014.

Spritta, C, R., “Aplikasi Teknik Classification Data Mining Kependudukan Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes Untuk Memprediksi Kondisi Penduduk”, Politeknik Caltex Riau 2014.

Lestari, W., “Pemetaan Gaya Belajar Mahasiswa Dengan Clustering Menggunakna Fuzzy C-Means”, Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, 2015.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel