Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan SMA Menggunakan Metode Simple Multi Atribute Rating Technique

Authors

  • Liendarwati Liendarwati Politeknik Caltex Riau
  • Kartina Diah Diah Kusuma Wardhani Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Dalam pemilihan Sekolah Menengah Atas (SMA) banyak pertimbangan yang dilakukan oleh para orang tua siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun siswa tersebut, faktor-faktor yang menjadi pertimbangan antara lain : Faktor Nilai Ujian Akhir Kelulusan, Jarak Sekolah, Faktor tingkat unggulanPemilihan sekolah SMA saat ini menjadikan kendala yang sangat besar bagi siswa IX SMP. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para siswa yang ingin melanjutkan sekolah ke SMA adalah menentukan pilihan sekolah yang sesuai dengan kriteria. Banyaknya pilihan sekolah membuatkan siswa juga kesulitan dalam mendapatkan sata atau informasi seacara lengkap. Selama ini orantua maupun calon siswa SMA biasanya mendapatkan info tentang sekolah dari mulut ke mulut seperti dari tetangga maupun alumni sekolah tersebut. Masyarakat tidak ingin salah memilih sekolah yang mana akan berpengaruh penting bagi kemajuan prestasi para calon siswa.. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang membantu siswa untuk mengetahui mutu SMA untuk rekomendasi siswa mendaftar ke SMA tersebut dari berbagai faktor internal maupun eksternal Metode yang digunakan adalah Metode Simple Multi Atribute Rating Technique (SMART) merupakan suatu metode pengambilan keputusan multi kriteria yang didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai dan bobot untuk menggambarkan seberapa penting nilainya dibandingkan dengan kriteria yang lain. Sistem pendukung keputusan menentukan SMA menggunakan bahasa PHP dan Mysql. Setelah dilakukan  analisa,  pengujian sistem menggunakan Skala Likert dengan hasil persentase 80.88% dan sistem berkualitas baik berdasarkan hasil pengujian black box 9126-2.Kata kunci: SMA, Metode SMART, Mutu pendidikan

Author Biographies

Liendarwati Liendarwati, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Kartina Diah Diah Kusuma Wardhani, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Binangkit, E. P. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pemilihan Sma Swasta Dengan Metode Simple Additive Weighting. Salatiga: Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana.

Awang, R. J. (2006). Analisis Pemilihan Sekolah Menengah Atas Semarang berdasarkan efektifitas jarak, sarana angkutan umum dan tingkat unggulan sekolah dengan sistem informasi geografis dan analytical hierarchy process. Fakultas Teknik Universitas Negri Semarang .

Suryanto. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan dengan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) . Teknik Informatika UIN Sultan Syarif Kasim Riau .

Novianti, D. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode Smart (Simple Multi-Attribute Rating Technique) . Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FMIPA Unmul

P. C. Riau, “Jurnal Aksara Komputer Terapan Rancang Bangun Sistem Informasi Sekolah Dengan Menerapkan Model Payne Customer Relationship Management,” vol. 5, no. 1, 2016.

P. C. Riau, “Jurnal Aksara Komputer Terapan Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kelayakan Kredit Pinjaman dengan Metode Trapezoidal Fuzzy AHP pada Bank BPR Pekanbaru,” vol. 5, no. 1, 2016.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel