Implementasi CRM Pada Pelanggan Online Shop Befitlife Berbasis Mobile Application
Abstract
Sebuah perusahaan memiliki cara untuk membuat pelanggan membeli produk dan memiliki peluang membeli lagi dikemudian hari. Befitlife adalah online shop yang menjual produk salah satu perusahaan nutrisi. Untuk mencapai dan menjawab hal tersebut salah satu caranya dapat diselesaikan dengan metode pendekatan tiga perspektif CRMÂ dan TOPSIS. Pendekatan tiga perspektif CRM dipilih karena metode ini memiliki startegi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Sedangkan TOPSIS metode pengambilan keputusan yang memiliki kemampuan mencari solusi ideal positif dalam memecahkan permasalahan yang ada. Dalam proyek akhir ini, dibuat aplikasi mobile application untuk pelanggan dan sistem website untuk penjual. Fitur yang ada pada aplikasi mencakup 3 perspektif CRM yakni fitur chat penjual, fitur email secara otomatisasi, dan fitur 10 pelanggan terbaik menggunakan metode TOPSIS. Pengujian black-box testing yang sudah dilakukan pada aplikasi ini didapat bahwa fungsi - fungsi pada aplikasi sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian kuisioner mengetahui tingkat kepuasan pelanggan ,dimana dari kuesioner yang dilakukan didapatkan hasil responden sebesar 87,6%. Berdasarkan data yang telah didapat, dapat disimpulkan bahwa responden sangat setuju sistem ini mampu membantu memberikan pelayanan info produk dan promosi pelanggan.Kata kunci: Technique Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), Pendekatan Tiga prefektif CRM, Skala Likert.References
Permatasari, A., Ardy , W., Inayatullah, & Tinaliah. (2015). Aplikasi Customer Relationship Management Pada Jetset Fitness Berbasis Android. Jurnal Manajemen Informatika, 1.
Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A. (2012, Oktober). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN). Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4, N0.2, 16,28.
So, G. (2013). Analisa Dan Perancangan Sistem E-CRM Pada Online Shop (Studi Kasus Pada Lettuce Shop).
So, G. (2013). Analisa Dan Perancangan Sistem E-CRM Pada Online Shop (Studi Kasus Pada Lettuce Shop).
Fani Hartono, F. (2012). Aplikasi Reservasi Tiket Bus pada Handphone Android menggunakan Web Service (Studi Kasus: PO. Rosalia Indah).
Ginting, E. (2015). Aplikasi Penjual Berbasis WEB (E-COMMERCE).
Aviliani, Sumarwan, U., Sugema, I., & Saefuddin, A. (2011). Segmentasi Nasabah Tabungan Mikro Berdasarkan RFM kasus Bank BRI.
Manurung, P. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Metode AHP DAN TOPSIS (STUDI KASUS :FMIPA USU).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.