Implementasi CRM Pada Pelanggan Online Shop Befitlife Berbasis Mobile Application

Authors

  • Yusraini Zhang Politeknik Caltex Riau
  • Satria Perdana Arifin Politeknik Caltex Riau
  • Istianah Muslim Politeknik Caltex Riau

Abstract

Sebuah perusahaan memiliki cara untuk membuat pelanggan membeli produk dan memiliki peluang membeli lagi dikemudian hari. Befitlife adalah online shop yang menjual produk salah satu perusahaan nutrisi. Untuk mencapai dan menjawab hal tersebut salah satu caranya dapat diselesaikan dengan metode pendekatan tiga perspektif CRM  dan TOPSIS. Pendekatan tiga perspektif CRM dipilih karena metode ini memiliki startegi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Sedangkan TOPSIS metode pengambilan keputusan yang memiliki kemampuan mencari solusi ideal positif dalam memecahkan permasalahan yang ada. Dalam proyek akhir ini, dibuat aplikasi mobile application untuk pelanggan dan sistem website untuk penjual. Fitur yang ada pada aplikasi mencakup 3 perspektif CRM yakni fitur chat penjual, fitur email secara otomatisasi, dan fitur 10 pelanggan terbaik menggunakan metode TOPSIS. Pengujian black-box testing yang sudah dilakukan pada aplikasi ini didapat bahwa fungsi - fungsi pada aplikasi sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian kuisioner mengetahui tingkat kepuasan pelanggan ,dimana dari kuesioner yang dilakukan didapatkan hasil responden sebesar 87,6%. Berdasarkan data yang telah didapat, dapat disimpulkan bahwa responden sangat setuju sistem ini mampu membantu memberikan pelayanan info produk dan promosi pelanggan.Kata kunci: Technique Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), Pendekatan Tiga prefektif CRM, Skala Likert.

Author Biographies

Yusraini Zhang, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Satria Perdana Arifin, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Istianah Muslim, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Permatasari, A., Ardy , W., Inayatullah, & Tinaliah. (2015). Aplikasi Customer Relationship Management Pada Jetset Fitness Berbasis Android. Jurnal Manajemen Informatika, 1.

Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A. (2012, Oktober). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN). Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4, N0.2, 16,28.

So, G. (2013). Analisa Dan Perancangan Sistem E-CRM Pada Online Shop (Studi Kasus Pada Lettuce Shop).

So, G. (2013). Analisa Dan Perancangan Sistem E-CRM Pada Online Shop (Studi Kasus Pada Lettuce Shop).

Fani Hartono, F. (2012). Aplikasi Reservasi Tiket Bus pada Handphone Android menggunakan Web Service (Studi Kasus: PO. Rosalia Indah).

Ginting, E. (2015). Aplikasi Penjual Berbasis WEB (E-COMMERCE).

Aviliani, Sumarwan, U., Sugema, I., & Saefuddin, A. (2011). Segmentasi Nasabah Tabungan Mikro Berdasarkan RFM kasus Bank BRI.

Manurung, P. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Metode AHP DAN TOPSIS (STUDI KASUS :FMIPA USU).

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel