Perancangan dan Implementasi Permainan Olahraga Basket Virtual untuk Pemula Dengan Menggunakan Kinect

Authors

  • Ghufron Hasan Arrusdi Politeknik Caltex Riau
  • Anggy Trisnadoli Politeknik Caltex Riau
  • Mardhiah Fadhli Politeknik Caltex Riau

Abstract

Penggunaan teknologi untuk mendeteksi gerak dapat dimanfaatkan pada bidang olahraga, seperti basket. Salah satu teknologi tersebut adalah kinect, yang memungkinkan pengguna menggunakan teknologi untuk berinteraksi dengan perangkat lunak yang diintegrasikan. Pada penelitian ini di rancang sebuah perangkat lunak permainan untuk olahraga basket yang membutuhkan gerakan tangan, seperti memasukkan bola ke dalam ring. Kinect berperan sebagai input controller dari gerakan tubuh pengguna agar dapat berinteraksi dengan aplikasi virtual basket dan menggunakan Unity Game Engine. Di dalam aplikasi ini akan disajikan tampilan layaknya pengguna berada di lapangan basket. Pengguna bermain dengan cara memasukan bola kedalam ring.Berdasarkan pengujian yang di lakukan dengan menggunakan blackbox testing, karakter dapat merespon pergerakan yang secara langsung dilakukan, akan tetapi pengujian menemukan ketidakberhasilan ketika melakukan perlemparan bola. Hal ini di pengaruhi oleh alat deteksi gerak yang di gunakan yaitu kinect dalam membaca pergerakan secara real time ketika kondisi tulang pengguna terhalang oleh tulang lainnya sehingga pada pengujian dengan melakukan penyebaran kuisioner untuk 28 responden didapatkan hasil presentase 64,32 % dengan hasil cukup untuk mencapai kepuasan pengguna.Kata kunci: olahraga virtual, virtual, basket, Kinect.

Author Biographies

Ghufron Hasan Arrusdi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Anggy Trisnadoli, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Mardhiah Fadhli, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

References

Syaifudin, M. (2013). Olahraga Bulutangkis Sebagai Solusi Mengurangi Frustasi Bagi Kalangan Pengusaha di Yayasan LKK NGESTI RAHAYU SIDOARJO. UNESA, 2, 1–4.

Lufty. (2014). KONTRIBUSI FLEKSIBILITAS PERGELANGAN TANGAN DAN SENDI BAHU TERHADAP HASIL SHOOTING TEMBAKAN BEBAS (FREE THROW) PADA ATLET PUTRA UKM BOLA BASKET UPI. Jakarta.Universitas Persada Indonesia

Putra, T. R. (2014). PENERAPAN PERMAINAN BOLA BASKET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ( Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2013 / 2014 ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2, 398–401.

Irenne, E. (2015). RANCANG BANGUN PERMAINAN DRIBEL BOLA BASKET “BASKETBALL JAM” DENGAN MENGGUNAKAN KINECT. Surabaya.Skripsi.Universitas Ciputra

Puspitasari, Y. (2013). GAME EDUKASI OLAHRAGA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA BERBASIS KINECT. Surakarta.Universitas Muhammadiyah

Masi, M. F. (2015). SISTEM GARIS GAWANG PADA LAPANGAN FUTSAL. ELEMENTER, 1(1), 11–24.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel