Perancangan dan Implementasi Permainan Olahraga Basket Virtual untuk Pemula Dengan Menggunakan Kinect
Abstract
Penggunaan teknologi untuk mendeteksi gerak dapat dimanfaatkan pada bidang olahraga, seperti basket. Salah satu teknologi tersebut adalah kinect, yang memungkinkan pengguna menggunakan teknologi untuk berinteraksi dengan perangkat lunak yang diintegrasikan. Pada penelitian ini di rancang sebuah perangkat lunak permainan untuk olahraga basket yang membutuhkan gerakan tangan, seperti memasukkan bola ke dalam ring. Kinect berperan sebagai input controller dari gerakan tubuh pengguna agar dapat berinteraksi dengan aplikasi virtual basket dan menggunakan Unity Game Engine. Di dalam aplikasi ini akan disajikan tampilan layaknya pengguna berada di lapangan basket. Pengguna bermain dengan cara memasukan bola kedalam ring.Berdasarkan pengujian yang di lakukan dengan menggunakan blackbox testing, karakter dapat merespon pergerakan yang secara langsung dilakukan, akan tetapi pengujian menemukan ketidakberhasilan ketika melakukan perlemparan bola. Hal ini di pengaruhi oleh alat deteksi gerak yang di gunakan yaitu kinect dalam membaca pergerakan secara real time ketika kondisi tulang pengguna terhalang oleh tulang lainnya sehingga pada pengujian dengan melakukan penyebaran kuisioner untuk 28 responden didapatkan hasil presentase 64,32 % dengan hasil cukup untuk mencapai kepuasan pengguna.Kata kunci: olahraga virtual, virtual, basket, Kinect.References
Syaifudin, M. (2013). Olahraga Bulutangkis Sebagai Solusi Mengurangi Frustasi Bagi Kalangan Pengusaha di Yayasan LKK NGESTI RAHAYU SIDOARJO. UNESA, 2, 1–4.
Lufty. (2014). KONTRIBUSI FLEKSIBILITAS PERGELANGAN TANGAN DAN SENDI BAHU TERHADAP HASIL SHOOTING TEMBAKAN BEBAS (FREE THROW) PADA ATLET PUTRA UKM BOLA BASKET UPI. Jakarta.Universitas Persada Indonesia
Putra, T. R. (2014). PENERAPAN PERMAINAN BOLA BASKET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ( Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2013 / 2014 ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2, 398–401.
Irenne, E. (2015). RANCANG BANGUN PERMAINAN DRIBEL BOLA BASKET “BASKETBALL JAM†DENGAN MENGGUNAKAN KINECT. Surabaya.Skripsi.Universitas Ciputra
Puspitasari, Y. (2013). GAME EDUKASI OLAHRAGA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA BERBASIS KINECT. Surakarta.Universitas Muhammadiyah
Masi, M. F. (2015). SISTEM GARIS GAWANG PADA LAPANGAN FUTSAL. ELEMENTER, 1(1), 11–24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.