Aplikasi Pembelajaran Sistem Rangka dengan Deteksi Gerak
Abstract
Rangka manusia merupakan salah satu materi yang dipelajari oleh murid Sekolah Dasar (SD) kelas Lima (V) pada materi mengenai tubuh manusia. Media pembelajaran mengenai rangka manusia yang digunakan di Sekolah Dasar terdiri dari berbagai jenis, beberapa diantaranya yaitu media gambar, torso, dan model kerangka. Dengan adanya perkembangan teknologi, media pembelajaran tersebut juga dapat dilakukan dengan memodelkan kerangka ke dalam model 3D. Model kerangka 3D yang dibuat dengan menggunakan Blender akan menggambarkan keseluruhan bentuk kerangka sehingga tampak nyata. Model 3D juga dapat ditambahkan dengan informasi yang ingin ditampilkan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kontrol terhadap model 3D dapat dilakukan dengan menggunakan alat deteksi gerak, salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi Kinect. Dengan adanya bentuk kerangka model 3D, pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih interaktif dengan menggunakan kontrol gerak langsung oleh pengguna aplikasi. Dengan mengimplementasikan Kinect sebagai controller aplikasi pembelajaran sistem rangka, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat menjadi salah satu media alternatif pembelajaran untuk murid SD kelas V. Pada pengujian black box dan wawancara didapatkan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai fungsinya dan dapat membantu pendidik dalam memberikan materi pembelajaran sistem rangka manusia kepada murid SD kelas V.Kata kunci : Rangka manusia, Model 3D, Deteksi gerak, KinectReferences
Subekti, Ari, dkk. 2014. Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Susilowati, Endang & Wiyanto. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.
Ajicahyadi, Hoky, dkk. (2014). Aplikasi Penilaian Posisi Karate Menggunakan Sensor Kinect. Disertasi Strata Satu Jurusan Sistem Informasi pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Surabaya : tidak diterbitkan.
Arsa, Bellajat Hartono. (2014). Implementasi Teknologi Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Dengan Alat Deteksi Gerak. Tugas Akhir Pada Politeknik Caltex Riau, tidak diterbitkan.
Nainggolan, Farhan Luthfi. (2015). Anatomi Manusia Berdimensi Tiga Menggunakan Leap Motion Controller. Disertasi Strata Satu Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi pada Universitas Sumatera Utara : tidak diterbitkan.
Wahyono, Budi & Nurachmandani, Setya. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4: untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Azam, Much. 2012. Akrab dengan Dunia IPA untuk Kelas IV SD dan MI. Solo: Platinum.
Beny, Yustina & Murtini. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.
Microsoft. (2016). Skeleton Position and Tracking State. Diambil Mei 13, 2016, dari https://msdn.microsoft.com/en-us/library/jj131025.aspx
Blender Official Website. (2016). Blender Features. Diambil Mei 13, 2016, dari https://www.blender.org/features/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.