Aplikasi Pembelajaran Sistem Rangka dengan Deteksi Gerak

Authors

  • Indriana Indriana Politeknik Caltex Riau
  • Juni Nurma Sari Politeknik Caltex Riau
  • Anggy Trisnadoli Politeknik Caltex Riau

Abstract

Rangka manusia merupakan salah satu materi yang dipelajari oleh murid Sekolah Dasar (SD) kelas Lima (V) pada materi mengenai tubuh manusia. Media pembelajaran mengenai rangka manusia  yang digunakan di Sekolah Dasar terdiri dari berbagai jenis, beberapa diantaranya yaitu media gambar, torso, dan model kerangka. Dengan adanya perkembangan teknologi, media pembelajaran tersebut juga dapat dilakukan dengan memodelkan kerangka ke dalam model 3D. Model kerangka 3D yang dibuat dengan menggunakan Blender akan menggambarkan keseluruhan bentuk kerangka sehingga tampak nyata. Model 3D juga dapat ditambahkan dengan informasi yang ingin ditampilkan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kontrol terhadap model 3D dapat dilakukan dengan menggunakan alat deteksi gerak, salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi Kinect. Dengan adanya bentuk kerangka model 3D, pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih interaktif dengan menggunakan kontrol gerak langsung oleh pengguna aplikasi. Dengan mengimplementasikan Kinect sebagai controller aplikasi pembelajaran sistem rangka, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat menjadi salah satu media alternatif pembelajaran untuk murid SD kelas V. Pada pengujian black box dan wawancara didapatkan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai fungsinya dan dapat membantu pendidik dalam memberikan materi pembelajaran sistem rangka manusia kepada murid SD kelas V.Kata kunci : Rangka manusia, Model 3D, Deteksi gerak, Kinect

Author Biographies

Indriana Indriana, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Juni Nurma Sari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Anggy Trisnadoli, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Subekti, Ari, dkk. 2014. Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Susilowati, Endang & Wiyanto. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.

Ajicahyadi, Hoky, dkk. (2014). Aplikasi Penilaian Posisi Karate Menggunakan Sensor Kinect. Disertasi Strata Satu Jurusan Sistem Informasi pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Surabaya : tidak diterbitkan.

Arsa, Bellajat Hartono. (2014). Implementasi Teknologi Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Dengan Alat Deteksi Gerak. Tugas Akhir Pada Politeknik Caltex Riau, tidak diterbitkan.

Nainggolan, Farhan Luthfi. (2015). Anatomi Manusia Berdimensi Tiga Menggunakan Leap Motion Controller. Disertasi Strata Satu Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi pada Universitas Sumatera Utara : tidak diterbitkan.

Wahyono, Budi & Nurachmandani, Setya. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4: untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Azam, Much. 2012. Akrab dengan Dunia IPA untuk Kelas IV SD dan MI. Solo: Platinum.

Beny, Yustina & Murtini. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.

Microsoft. (2016). Skeleton Position and Tracking State. Diambil Mei 13, 2016, dari https://msdn.microsoft.com/en-us/library/jj131025.aspx

Blender Official Website. (2016). Blender Features. Diambil Mei 13, 2016, dari https://www.blender.org/features/

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel