Implementasi Business Intelligence Untuk Visualisasi Data Akademik (Studi Kasus: SMA Dharma Loka Pekanbaru)
Abstract
SMA Dharma Loka merupakan institusi yang bergerak di bidang Pendidikan di provinsi Riau. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan pihak manajemen sekolah, data akademik yang terkumpul saat ini belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Data akademik di sekolah ini masih berupa flat-file spread sheet dengan berbagai format pencatatan untuk masing-masing jenis data. Hal ini menyulitkan proses analisis yang dilakukan oleh pihak manajemen SMA Dharma Loka. Oleh karena itu dibangun sebuah sistem yang dapat membantu dalam mengelola dan mengintegrasikan data flat-file yang dimiliki oleh sekolah tersebut serta membantu proses analisa pola perkembangan dari subjek-subjek seperti alokasi dana terhadap prestasi, alokasi dana terhadap nilai rata-rata rapor melalui dashboard visualisasi yang dihasilkan. Proyek akhir ini mengimplementasikan business intelligence ke dalam sistem dalam bentuk strategic dashboard, dengan visualisasi berupa gauge-chart, column-chart. Sistem ini diuji dengan melakukan pengujian User Acceptance Test (UAT) sehingga dapat mengetahui perbaikan yang diinginkan pengguna. Pada pengujian UAT yang pertama, perusahaan membutuhkan visualisasi gauge-chart yang belum ada di dalam sistem. Setelah dilakukan penambahan dan melakukan pengujian ulang pada UAT kedua menunjukkan bahwa 100% sistem yang dibangun telah dapat diterima oleh user.Kata kunci: SMA Dharma Loka, Akademik, Dashboard, Strategic Dashboard, Business IntelligenceReferences
Kertahadi (1995) Sistem Informasi Manajemen. Ikip Malang, Malang.
Carter V. Good (1997) Dasar Konsep Pendidikan Moral. Alfabeta.
Aris Martono, F. S. (2013). Rancang Bangun Business Intelligence pada Perpustakaan Sekolah Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cisoka. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.
Henderi, E. W. (2013). Rancangan Framework Business Intelligence pada Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.