Implementasi Augmented Reality dalam Bentuk Location Based Service (LBS) pada Rumah Sakit di Kota Pekanbaru dengan Teknik GPS Based Tracking di Android

Fitri Riyanti, Mardhiah Fadhli, Ananda Ananda

Sari


Perkembangan teknologi menyebabkan kebutuhan untuk mendapatkan informasi yang cepat khususnya pada perangkat smartphone terus meningkat. Salah satu kebutuhan tersebut adalah kebutuhan navigasi untuk menemukan suatu lokasi. Layanan google map dan aplikasi pencarian digunakan sebagai panduan untuk menemukan lokasi. Inovasi pun dilakukan untuk pengguna perangkat smartphone, salah satu bentuk inovasi tersebut adalah teknologi augmented reality dalam bentuk location based service. Augmented reality dalam bentuk location based service ini diimplementasikan pada aplikasi smartphone dengan sistem operasi android untuk menemukan lokasi dan memberikan informasi rumah sakit yang ada di kota Pekanbaru. Aplikasi ini memanfaatkan teknik GPS based tracking yang mengambil data dan menampilkan objek virtual berdasarkan GPS. Dari pengujian usability testing menunjukkan aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai kebutuhan pengguna, mudah di pelajari, efisien, kemudahan mengingat, pencegahan kesalahan, dan memenuhi kepuasan pengguna untuk membantu untuk menemukan lokasi dan menginformasikan rumah sakit yang ada di kota Pekanbaru.

Kata kunci: Smartphone, Augmented Reality, Location Based Servic (LBS), GPS Based Tracking, rumah sakit.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hidayat, Akbar. (2012). "Implementasi of Augmented Reality In The Form Of Location Based Service(LBS) at the museum Joang ’45 Jakarta by using the layar platform on the Android and iphone". Skripsi. Program Studi Teknik Informatika Universitas Gunadarma. Depok.

Hassenda, Denni Giovanny. (2013). "Aplikasi Location Based Service Sebagi Sarana Informasi Petunjuk Lokasi Rumah Sakit di Daerah Bekasi menggunakan Android Phone 2.3 dengan Fitur tambahan Augmented Reality”. Skripsi. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma.

Arvandy. (2013). "Rancang Bangun Pekanbaru Tour Guide Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Smartphone Android ". Skripsi.

Atalapu, Putri. (2014). " Implementasi Location Based Service Berbasis Cell Id untuk Anjungan Provinsi Sulawesi Selatan Tama Mini Indonesia Indah (TMII) Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality Pada Perangkat Bergerak Android ". Skripsi. Program Studi Teknik Informatika Universitas Gunadarma. Depok.

Setyowati, Deskanda Dyah. (2014). “Aplikasi Augmented Reality dalam bentuk Location Based Service (LBS) pada Bank dan ATM di Bekasi Utasra dengan Platform Layar di Android”. Skripsi Program Studi Teknik Informatika Universitas Gunadarma. Jakarta.

Efendi, Ilham.(2014)."Augmented Reality". Diambil pada 15 Juni 2016 dari:http://www.it-jurnal.com/pengertian-augmented-Realityar/

Atalapu, Putri. (2014). " Implementasi Location Based Service Berbasis Cell Id untuk Anjungan Provinsi Sulawesi Selatan Tama Mini Indonesia Indah (TMII) Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality Pada Perangkat Bergerak Android ". Skripsi. Program Studi Teknik Informatika Universitas Gunadarma. Depok.

Suprianto, Dodit dan Rini Agustina. (2012). “Pemograman Aplikasi Android”. Yogyakarta: MediaKom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.