Aplikasi Mode Silent Otomatis Pada Smartphone Berbasis Location Based Service (Studi Kasus: Politeknik Caltex Riau)

Authors

  • Ichsan Syam putra Tanjung Politeknik Caltex Riau
  • Rika Perdana Sari Politeknik Caltex Riau
  • Sugeng Purwantoro Politeknik Caltex Riau

Abstract

Smartphone memiliki fitur-fitur yang membantu pengguna dalam melakukan kegiatan, salah satunya yaitu mode silent. Fitur mode silent dilakukan ketika pengguna tidak ingin menerima dan diganggu oleh panggilan telepon. Misalnya ketika pengguna sedang melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Namun pengaturan silent mode ini masih dilakukan secara manual sehingga terkadang pengguna lupa untuk mengaturnya. Ini sangat mengganggu berjalannya kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsung. Maka dikembangkanlah sebuah aplikasi android mode silent otomatis berbasis location based service (LBS) untuk mengatasi permasalahan tersebut. Aplikasi ini dapat mengakifkan mode silent secara otomatis dengan memanfaatkan Google Maps yang memeliliki dukungan terhadap Global Positioning System (GPS). Salah satu solusi untuk membantu para mahasiswa dalam melakukan kegiatan perkuliahan adalah dengan menggunakan aplikasi mode silent otomatis pada smartphone agar mahasiswa tidak harus melakukan silent manual ketika memasuki ruangan kelas. Aplikasi ini dapat menjawab dengan adanya respon dari responden sebesar 91% sangat setuju bahwa sistem ini sangat memuaskan dan dapat berjalan dengan baik.Kata kunci: Smartphone, Location Based Service, Mode Silent, Google Maps, GPS.

Author Biographies

Ichsan Syam putra Tanjung, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Rika Perdana Sari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Sugeng Purwantoro, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Rianto, Dedi Rahadi. (2014). Pengukuran Usability Sistem menggunakan Use Questionnaire pada Aplikasi Android. Diambil pada 31 Agustus 2016 dari: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/download/772/426.Tobing, L. Bonggas,”Judul Buku”, Penerbit, edisi, 2003. (buku)

Pengertian Populasi dan Sampel Penelitian. Diakses pada tanggal 17 Juni 2017. Diambil dari situs: http://repository.upi.edu/11380/6/T_ADP_1202111_Chapter3.pdf.

Shodiq, A. Tutorial Dasar Pemrograman Google Maps API. Retrieved.Mei15,2016,from.http://www.yuliana.lecturer.pens.ac.id/Google%20Maps%20API/Buku/Tutorial%20Google%20Maps%20API.pdf.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel