Rancang Bangun Aplikasi Visualisasi 3D Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia Dengan Deteksi Gerak Menggunakan Leap Motion
Abstract
Mengingat pentingnya pendidikan IPA yang merupakan salah satu aspek dalam mempelajari tubuh manusia, maka siswa harus mengetahui fungsi dan peranan sistem organ dalam tubuh manusia. Salah satu yang dipelajari dari manusia yaitu sistem pernapasan. Untuk memudahkan dalam pemahaman materi, maka penyampaian dapat digabungkan dengan teknlogi komputer, yaitu dengan penggunaan animasi tiga dimensi dan pengontrolannya menggunakan deteksi gerak. Pembuatan animasi tiga dimensi dengan menggunakan Blender dapat mempertahan bentuk sebenarnya dari organ. Sedangkan pengontrolan aplikasi akan lebih mudah dengan menggunakan deteksi gerak seperti Leap Motion. Berdasarkan pengujian wawancara, bentuk organ pernapasan 3D pada aplikasi sudah sesuai dengan bentuk aslinya. Berdasarkan pengujian UAT yang telah dilakukan, fungsi pada aplikasi berjalan sesuai hasil yang diharapkan. Serta pengujian manfaat belajar tanpa menggunakan aplikasi dan menggunakan aplikasi dieroleh perbandingan nilai sebesar 51,28% : 57,17%. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat menjadi solusi media pembelajaran alternatif yang membantu siswa untuk memahami konsep pembelajaran sistem pernapasan manusia.Kata Kunci : Sistem Pernapasan Manusia, Blender, Leap Motion, Unity 3D.References
Sulistyanto, dkk. (2015). “Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ Pada Manusia Berbasis Webâ€. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Setyoko, dkk. (2014). “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ Dalam Tubuh Manusia Menggunakan HTML5â€. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arsa, B.H., Rahmat Suhatman dan Anggy Trisnadoli. (2014). “Implementasi Teknologi Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Dengan Alat Deteksi Gerakâ€. Riau: Politeknik Caltex Riau.
Rahman, Aulia., Memen Akbar, Muhammad Ihsan Zul. (2014). “Animasi Pembelajaran Segmen Bumi Menggunakan Deteksi Gerak. Riau: Politeknik Caltex Riau.
Desnizar,Nella., Juni Nurma Sari, Memen Akbar. (2016). “ Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Untuk Siswa SD Menggunakan Leap Motionâ€. Riau: Politeknik Caltex Riau.
Sari, C.A., Kartina Diah Kusuma Wardhani, Anggy Trisnadoli (2016). “Aplikasi Pembelajaran Sistem Peredaran Darah 3D Menggunakan Leap Motionâ€. Riau: Politeknik Caltex Riau.
Pujiyanto, Sri (2012). “Menjelajah Dunia Biologiâ€. Solo: Penerbit Platinum.
Asmaria, Talitha. (2011). “Pengertian Visualisasi, Animasi, dan Simulasiâ€. Diambil 30 Juni 2016 dari: http://talitha-a--fst08.web.unair.ac.id/artikel_detail-24247-Biomedical%20Engineering-Tugas%20Pengertian%20Visualisasi,%20Animasi,%20dan%20Simulasi.html.
Yusup, A.H. (2011). “Pengertian Animasi dan Sejarah Animasiâ€. Diambil 20 Oktober 2016 dari : https://www.academia.edu/8535570/Pengertian_Animasi_dan_jenis_jenisnya.
Nopriyanti, dkk. (2015). “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan Di SMK†. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.