Rancang Bangun Aplikasi Visualisasi 3D Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia Dengan Deteksi Gerak Menggunakan Leap Motion

Authors

  • Romy Kurniawan Politeknik Caltex Riau
  • meilany dewi Politeknik Caltex Riau
  • yoanda alim syahbana Politeknik Caltex Riau

Abstract

Mengingat pentingnya pendidikan IPA yang merupakan salah satu aspek dalam mempelajari tubuh manusia, maka siswa harus mengetahui fungsi dan peranan sistem organ dalam tubuh manusia. Salah satu yang dipelajari dari manusia yaitu sistem pernapasan. Untuk memudahkan dalam pemahaman materi, maka penyampaian dapat digabungkan dengan teknlogi komputer, yaitu dengan penggunaan animasi tiga dimensi dan pengontrolannya menggunakan deteksi gerak. Pembuatan animasi tiga dimensi dengan menggunakan Blender dapat mempertahan bentuk sebenarnya dari organ. Sedangkan pengontrolan aplikasi akan lebih mudah dengan menggunakan deteksi gerak seperti Leap Motion. Berdasarkan pengujian wawancara, bentuk organ pernapasan 3D pada aplikasi sudah sesuai dengan bentuk aslinya. Berdasarkan pengujian UAT yang telah dilakukan, fungsi pada aplikasi berjalan sesuai hasil yang diharapkan. Serta pengujian manfaat belajar tanpa menggunakan aplikasi dan menggunakan aplikasi dieroleh perbandingan nilai sebesar 51,28% : 57,17%. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat menjadi solusi media pembelajaran alternatif yang membantu siswa untuk memahami konsep pembelajaran sistem pernapasan manusia.Kata Kunci : Sistem Pernapasan Manusia, Blender, Leap Motion, Unity 3D.

Author Biographies

Romy Kurniawan, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

meilany dewi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

yoanda alim syahbana, Politeknik Caltex Riau

Teknik Elektronika

References

Sulistyanto, dkk. (2015). “Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ Pada Manusia Berbasis Web”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setyoko, dkk. (2014). “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ Dalam Tubuh Manusia Menggunakan HTML5”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arsa, B.H., Rahmat Suhatman dan Anggy Trisnadoli. (2014). “Implementasi Teknologi Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Dengan Alat Deteksi Gerak”. Riau: Politeknik Caltex Riau.

Rahman, Aulia., Memen Akbar, Muhammad Ihsan Zul. (2014). “Animasi Pembelajaran Segmen Bumi Menggunakan Deteksi Gerak. Riau: Politeknik Caltex Riau.

Desnizar,Nella., Juni Nurma Sari, Memen Akbar. (2016). “ Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Untuk Siswa SD Menggunakan Leap Motion”. Riau: Politeknik Caltex Riau.

Sari, C.A., Kartina Diah Kusuma Wardhani, Anggy Trisnadoli (2016). “Aplikasi Pembelajaran Sistem Peredaran Darah 3D Menggunakan Leap Motion”. Riau: Politeknik Caltex Riau.

Pujiyanto, Sri (2012). “Menjelajah Dunia Biologi”. Solo: Penerbit Platinum.

Asmaria, Talitha. (2011). “Pengertian Visualisasi, Animasi, dan Simulasi”. Diambil 30 Juni 2016 dari: http://talitha-a--fst08.web.unair.ac.id/artikel_detail-24247-Biomedical%20Engineering-Tugas%20Pengertian%20Visualisasi,%20Animasi,%20dan%20Simulasi.html.

Yusup, A.H. (2011). “Pengertian Animasi dan Sejarah Animasi”. Diambil 20 Oktober 2016 dari : https://www.academia.edu/8535570/Pengertian_Animasi_dan_jenis_jenisnya.

Nopriyanti, dkk. (2015). “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan Di SMK” . Palembang: Universitas Sriwijaya.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel