Simulasi 3D Pengenalan Bangunan Politeknik Caltex Riau Menggunakan Virtual Reality

Authors

  • Nurhidayah Nurhidayah Politeknik Caltex Riau
  • Meilany Dewi Politeknik Caltex Riau
  • Istianah Muslim Politeknik Caltex Riau

Abstract

Politeknik Caltex Riau memiliki bangunan utama dengan fasilitas-fasilitas untuk memenuhi kebutuhan kegiatan perkuliahan, seperti ruang kelas, amphiteater ,laboratorium, perpustakaan, auditorium, mainhall, student centre, dormitory dan workshop. Pengenalan bangunan dan tata ruang Politeknik Caltex Riau kepada mahasiswa dan pengunjung selama ini hanya melalui media brosur, website dan gambar-gambar 2D yang hanya dapat dilihat dari prespektif tertentu saja, oleh karena itu dibutuhkan suatu simulasi. Simulasi merupakan teknik yang menggambarkan karakteristik tampilan dari dunia nyata. Pada penelitian ini dikembangkan aplikasi simulasi 3D dengan memodelkan pengenalan bangunan utama dan bangunan pendukung kampus Politeknik Caltex Riau yang dapat dilihat dari berbagai sisi dan sudut pandang yang berbeda. Pada aplikasi yang dibangun, pemain dapat mengerakkan menggunakan kontrol gamepad bluetooth serta dapat melihat sudut pandang 360° dengan menggunakan virtual reality google cardboard dan menggunakan smartphone sebagai layarnya. Penelitian ini dikembangkan agar pengunjung mendapat informasi mengenai tata ruang, membantu menghemat waktu dalam menjelajahi dan mengenal lebih jauh bangunan utama dan bangunan pendukung yang ada di Politeknik Caltex Riau dari berbagai sisi serta memberikan pengalaman baru berada dilingkungan virtual bangunan Politeknik Caltex Riau. Kata kunci: Simulasi 3D, Politeknik Caltex Riau, Virtual reality

Author Biographies

Nurhidayah Nurhidayah, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Meilany Dewi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Istianah Muslim, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

V. A. C. Monica, B. Hidayat And S. A. Wibowo, "Visualisasi Gambar 2d Menjadi 3d Untuk Bangun Ruang Balok Menggunakan Image-Sequences," 2013.

Nhpadmin, “Pengertian Simulasi Digital,” 12 Oktober 2014. [Online]. Available: Http://Nugrahaheru.Com/Pengertian-Simulasi-Digital/.

R. Andreas, “Simulasi 3D Pengenalan Bangunan Politeknik Caltex Riau Menggunakan Google Sketchup Dan Unity 3d,” Pp. 5-6, 2013.

A. Fahruddin And Y. Fitrianto, "Virtual Reality Photography Untuk Media Promosi Online Objek Wisata Curug Tujuh Bidadari," 2015.

U. Asfari, B. Setiawan And N. A. Sani, "Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality [Studi Kasus : Graha Its Surabaya]," Teknik Its, 2012.

B. Sihite, F. Samopa And N. A. Sani , "Pembuatan Aplikasi 3d Viewer Mobile Dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda Di Hotel Majapahit)," 2013.

F. Melky, "Rancang Bangun Aplikasi Virtual Reality Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura," 2015.

"Faslitas," Politeknik Caltex Riau, 2015. [Online]. Available: Https://Pcr.Ac.Id/Fasilitas.

J. Yugianto, “Google Siapkan Sistem Operasi Virtual Reality,” 8 Maret 2015. [Online]. Available: Http://Penulispro.Com/Google-Siapkan-Sistem-Operasi-Virtual-Reality/23288/.

A. Prasetya, “Game Center Di Jogjakarta,” 2010.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel