Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi PT Fera Yanesha Ramadhan

Authors

  • Nadia Yuliasari Politeknik Caltex Riau
  • Istianah Muslim Politeknik Caltex Riau
  • Heri Ribut Yuliantoro Politeknik Caltex Riau

Abstract

Sistem informasi terkomputerisasi pada saat ini sudah sangat berkembang dan meliputi berbagai bidang, salah satunya adalah bidang akuntansi. Sistem informasi akuntansi yang mengintegrasikan semua pihak yang terlibat dalam mempengaruhi keuangan suatu perusahaan sangat membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi yang up to date. PT Fera Yanesha Ramadhan merupakan perusahaan jasa kontraktor di Pekanbaru, Riau. Permasalahan pada perusahaan ini adalah perusahaan masih melakukan pencatatan keuangan secara manual dan belum dapat menghasilkan laporan keuangan sendiri. Selain itu implementasi akuntansi perusahaan mereka juga belum sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.34 sehingga pencatatan akuntansi perusahaan masih belum benar. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibangun sistem informasi akuntansi untuk PT Fera Yanesha Ramadhan. Sistem tersebut dapat membantu pengguna dalam mengelola pencatatan keuangan perusahaan serta menghasilkan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pada perusahaan jasa/kontraktor. Hasil analisis pengujian yang dilakukan dengan Black Box Testing dan UAT menunjukkan hasil 100%. Implementasi akuntansi perusahaan kontraktor sudah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.34. Perusahaan sudah dapat membuat laporan sendiri dan mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan tiap bulannya. Lalu pelaporan keuangan yang meliputi neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan ekuitas sudah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.1. dan laporan arus kas sudah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.2.Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Jasa Kontraktor, Blackbox Testing, UAT

Author Biographies

Nadia Yuliasari, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Istianah Muslim, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Heri Ribut Yuliantoro, Politeknik Caltex Riau

Akuntansi

References

Wibisono, Arif Kunto. (2011). Analisis dan Pembuatan Aplikasi Akuntansi Berbasis Web Pada IIUC. Jakarta: Teknik Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rahayu, Kartini. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Akuntansi Pada Toko Bangunan “X” Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Universitas Surabaya, 2.

Pendi. (2015). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Studi Kasus Mitra Keramika. Mahasiswa Jurnal Aksara Komputer Terapan Terapan, 4.

Anderson, Jimmy (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Pada CV. Riau Jaya Lestari Berbasis Web. Jurnal Aksara Komputer Terapan Terapan, 4.

Putra, Rully Harla. (2015). Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Web Studi Kasus CV. Riau Jaya Paving. Jurnal Aksara Komputer Terapan Terapan, 4.

Ardana, I Cenik & Lukman, Hendro. (2016) . SISTEM INFORMASI AKUNTANSI. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hall, James. A. (2007) . SISTEM INFORMASI AKUNTANSI. Jakarta: Salemba Empat.

Hery, S.E., M.Si. (2013) . AKUNTANSI JASA DAN DAGANG PRAKTIK DENGAN CONTOH SOAL. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2010) . PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NO.34: KONTRAK KONSTRUKSI (REVISI 17 DESEMBER 2010). Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel