Sistem Pendukung Keputusan Diagnosa Penyakit Pada Anak Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Dan Technique Order Preference By Similarity To Ideal Solution(Topsis)

Authors

  • Fadel Setiawan Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau
  • Dini Hidayatul Qudsi Politeknik Caltex Riau

Abstract

Jumlah dokter anak yang ada di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah anak yang terus meningkat tiap tahunnya. Ada kurang lebih 90 juta anak di Indonesia, dengan rata-rata 5 juta anak lahir tiap tahunnya. Angka ini sangat jauh jika dibandingkan dengan jumlah dokter anak yang saat ini kurang dari 4.000 orang. Anak-anak sangat rentan terhadap penyakit. Maka diperlukan aplikasi sistem pendukung keputusan  diagnosa penyakit anak berbasis android yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mendiagnosa atau mengenali penyakit anak. Aplikasi membantu orang tua dalam mendiagnosa atau mengenali penyakit pada anak dan dapat memberikan informasi dalam mengenali penanganan penyakit pada anak. Metode yang  digunakan pada aplikasi ini metode SAW dan Topsis. Pengujian yang dilakukan dengan menguji ketepatan aplikasi, pengujian kuesioner dan pengujian metode. Dari pengujian ketepatan yang dilakukan didapat hasil bahwa dari 10 responden pakar menyatakan hasil sebanyak 76 % responden menyatakan keluaran aplikasi sesuai dengan diagnosa yang dilakukan oleh Pakar , dan metode yang di gunakan berjalan sesuai dengan metode yang ada.Kata kunci: dokter anak, penyakit anak, orang tua.

Author Biographies

Fadel Setiawan, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Dini Hidayatul Qudsi, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Daftar Pustaka

L. A. Latumakulita, “Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Anak Menggunakan Certainty Factor (Cf).”

A. N. Fadhilah, D. Destiani, and D. J. Dhamiri, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar PEnyakit Kulit Pada Anak Dengan Metode Expert System Development Life Cycle,” J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, pp. 1–7, 2012.

C. Israr, S. Yulina, and I. Lestari, “Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Pada PT . Catur Khita Persada Menggunakan,” J. Politek. Caltex Riau, vol. XX, no. X, pp. 1–10, 2015.

J. Ilmiah, I. Komputa, P. Baru, D. I. Pt, and J. D. Bandung, “Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Pegawai Baru di PT. ABC,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 2, no. Astri Herdiyanti1, Utami Dewi Widianti2, pp. 49–56, 2013.

Kusumadewi, S. et al. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Nofriansyah, Dicky (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel