Transformasi Data Log E-learning Moodle Untuk Pengukuran User Flow Experience
Abstract
E-learning sebagai Learning Management System (LMS) digunakan sebagai sistem penyedia sarana belajar. LMS memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan, seperti fitur administrasi, fitur penyampaian bahan ajar, fitur pengujian, fitur penilaian, dan fitur komunikasi. Salah satu aplikasi LMS yang sering digunakan adalah aplikasi pembelajaran online yang disebut moodle. Saat menggunakan moodle akan diketahui keadaan flow mahasiswa yang berinteraksi dengan moodle. Tidak semua mahasiswa merasa tertarik dan terlibat terhadap model pembelajaran ini, sehingga perlu diketahui flow mahasiswa. Penelitian ini mengkustomisasi e-learning moodle pada fitur resource view dan quiz untuk mengukur flow mahasiswa berdasarkan log activity yang diperoleh. Moodle diakses oleh 98 mahasiswa selama satu bulan untuk mendapatkan log activity. Log activity yang digunakan yaitu nilai quiz, waktu quiz, durasi dan frekuensi. Didapatkan 98 data awal, dengan 69 data training, 23 data testing dan 6 data outlier. Data tersebut kemudian ditransformasikan untuk pengklasifikasian flow mahasiswa.Kata kunci: LMS, E-learning, Flow, MahasiswaReferences
Lestari, I. (2015). Evaluasi Fungsionalitas Learning Management System Berdasarkan ISO / IEC. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 13(1), 123–129.
Aulia, S., Sari, R. P., & Lestari, I. (2013). Analisis Perilaku Belajar Mahasiswa Politeknik Caltex Riau Berdasarkan Grafologi Huruf r dan u Menggunakan Learning Vector Quantization Berbasis Android. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 2(2).
Insap Santosa, P. (2012). Model Konseptual Pemanfaatan Teori Flow Dalam eLearning. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1(1), 24–28.
Islamiyah, M., & Widayanti, L. (2016). Efektifitas Pemanfaatan E-learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Matakuliah Fisika Dasar. STMIK Asia Malang.
Dwi, P., & Putra, A. (2015). Pengembangan Sistem E-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia, XIX(55), 45–48.
Wibisono, L. H. (2014). Pengaruh Flow dan Uses and Gratification Terhadap Online Game Users Loyalty.
Csikszentmihalyi, M. (2012). Advances in Flow Research (2nd ed., Vol. II). (S. Engeser, Ed.) New York, NY, United State of America: Springer Science+Business Media.
Defiyanti, S. (2013). Analisis dan Prediksi Kinerja Mahasiswa Menggunakan Teknik Data Mining, 2, 1–8.
Farry, A., & Haskari. (2012). Manual Penggunaan Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment), 1–48. Retrieved from http://elearning.unsri.ac.id/Modul elearning.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.