Transformasi Data Log E-learning Moodle Untuk Pengukuran User Flow Experience

Authors

  • Nana Tryana Politeknik Caltex Riau
  • Dadang Syarif Sihabudin Sahid Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau

Abstract

E-learning sebagai Learning Management System (LMS) digunakan sebagai sistem penyedia sarana belajar. LMS memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan, seperti fitur administrasi, fitur penyampaian bahan ajar, fitur pengujian, fitur penilaian, dan fitur komunikasi. Salah satu aplikasi LMS yang sering digunakan adalah aplikasi pembelajaran online yang disebut moodle. Saat menggunakan moodle akan diketahui keadaan flow mahasiswa yang berinteraksi dengan moodle. Tidak semua mahasiswa merasa tertarik dan terlibat terhadap model pembelajaran ini, sehingga perlu diketahui flow mahasiswa. Penelitian ini mengkustomisasi e-learning moodle pada fitur resource view dan quiz untuk mengukur flow mahasiswa berdasarkan log activity yang diperoleh. Moodle diakses oleh 98 mahasiswa selama satu bulan untuk mendapatkan log activity. Log activity yang digunakan yaitu nilai quiz, waktu quiz, durasi dan frekuensi. Didapatkan 98 data awal, dengan 69 data training, 23 data testing dan 6 data outlier. Data tersebut kemudian ditransformasikan untuk pengklasifikasian flow mahasiswa.Kata kunci: LMS, E-learning, Flow, Mahasiswa

Author Biographies

Nana Tryana, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Dadang Syarif Sihabudin Sahid, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Lestari, I. (2015). Evaluasi Fungsionalitas Learning Management System Berdasarkan ISO / IEC. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 13(1), 123–129.

Aulia, S., Sari, R. P., & Lestari, I. (2013). Analisis Perilaku Belajar Mahasiswa Politeknik Caltex Riau Berdasarkan Grafologi Huruf r dan u Menggunakan Learning Vector Quantization Berbasis Android. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 2(2).

Insap Santosa, P. (2012). Model Konseptual Pemanfaatan Teori Flow Dalam eLearning. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1(1), 24–28.

Islamiyah, M., & Widayanti, L. (2016). Efektifitas Pemanfaatan E-learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Matakuliah Fisika Dasar. STMIK Asia Malang.

Dwi, P., & Putra, A. (2015). Pengembangan Sistem E-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia, XIX(55), 45–48.

Wibisono, L. H. (2014). Pengaruh Flow dan Uses and Gratification Terhadap Online Game Users Loyalty.

Csikszentmihalyi, M. (2012). Advances in Flow Research (2nd ed., Vol. II). (S. Engeser, Ed.) New York, NY, United State of America: Springer Science+Business Media.

Defiyanti, S. (2013). Analisis dan Prediksi Kinerja Mahasiswa Menggunakan Teknik Data Mining, 2, 1–8.

Farry, A., & Haskari. (2012). Manual Penggunaan Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment), 1–48. Retrieved from http://elearning.unsri.ac.id/Modul elearning.pdf

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel