Penerapan Prinsip Customer Care pada Penentuan Fitur Sistem Informasi Jasa Servis Mobil dengan Metode Gap Analysis pada Toko Nangka Oli
Abstract
Perusahaan jasa servis mobil tengah menghadapi persaingan bisnis yang sulit. Toko Nangka Oli merupakan salah satu perusahaan jasa servis. Toko Nangka Oli tengah menghadapi permasalahan dalam pengolahan data konsumen dan permasalahan pada mutu pelayanan. Pendekatan pelanggan dilakukan dengan menggunakan metode Forum Gorup Disscussion (FGD) dan Gap Analysis untuk mengetahui kebutuhan pelanggan. Melalui hasil FGD didapatkan fakta bahwa pelanggan lebih banyak menggunakan alat komunikasi telepon genggam untuk menerima informasi. Melalui hasil penelitian FGD tersebut disimpulkan pembangunan fitur pada sistem informasi customer care toko Nangka Oli akan menggunakan fitur SMS Gateway untuk membantu memenuhi kebutuhan pelanggan. Pada pendekatan pelanggan melalui metode Gap Analysis ditemukan bahwa pelanggan merasa promo yang diberikan perusahaan belum maksimal serta pemberian informasi servis yang ada terkadang membingungkan. Pada akhirnya, perusahaan perlu meningkatkan kualitas pelayanan guna mendapatkan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelayanan yang diberikan oleh perusahaan menjadi tolak ukur kedatangan kembali pelanggan. Wujud customer care disediakan pada fitur penentuan promo tiap pelanggan. Setiap jadwal servis dan promo akan dikirimkan melalaui pesan Short Message Service (SMS) kepada pelanggan dan dapat diakses oleh pelanggan melalui website. Fitur yang ada diharapkan mampu memenuhui kebutuhan pelanggan berdasarkan hasil penelitian Gap Analysis dan hasil keputusan FGD.Kata kunci: customer care, sistem informasi, gap analysis, jasaReferences
R. Rahmat, “Jurnal Aksara Komputer Terapan Rancang Bangun Aplikasi Crm Tour Dan Travel Berbasis Web Menggunakan Model Payne ( Studi Kasus : Pt . Warasula Tour Dan Travel Pekanbaru ),†J. Aksara Komput. Terap., vol. 5, no. 2, 2016.
Fariyani, “Jurnal Aksara Komputer Terapan Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Pelanggan Distribution Center Rumbai PT CNI Indonesia,†J. Aksara Komput. Terap., vol. 5, no. 1, 2016.
C. A. Santika, “Jurnal Aksara Komputer Terapan Rancang Bangun Sistem Informasi Sekolah Dengan Menerapkan Model Payne Customer Relationship Management,†J. Aksara Komput. Terap., vol. 5, no. 1, 2016.
R. Herdin, “Sistem e-CRM pada Republic Of Burger dengan Memanfaatkan 4 Konsep Customer Relationship Manager.†2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.