Implementasi Teknologi Eye Tracking Pada Berbagai Bidang

Authors

  • Renta Br Gultom Politeknik Caltex Riau
  • Juni Nurma Sari Politeknik Caltex Riau
  • Dewi Hajar Politeknik Caltex Riau

Abstract

Perkembangan teknologi semakin maju dan berkembang, terutama teknologi eye tracking. Teknologi eye tracking merupakan teknologi yang digunakan untuk mengetahui titik pandang seseorang terhadap suatu objek yang akan diteliti. Objek yang diteliti disebut sebagai Area Of Interest (AOI). Perkembangan eye tracking mengikuti perkembangan teknologi. Eye tracking dapat diterapkan pada teknologi berbasis desktop dan website. Teknologi eye tracking dapat diimplementasikan secara langsung dalam berbagai bidang. Eye tracking telah diimplementasikan pada bidang pendidikan seperti media belajar membaca dan media pembelajaran rambu lalu lintas. Pada bidang pendidikan eye tracking membantu siswa usia         4-11 tahun dalam membaca dan mempelajari rambu-rambu lalu lintas. Bidang marketing seperti penjualan busana wanita, media iklan, dan e-commerce otomotif mobil. Pada bidang marketing membantu pihak pemilik usaha dalam mengetahui ketertarikan pelanggan terhadap objek yang diteliti dan meningkatkan keuntungan dalam usaha. Penerapan eye tracking dalam berbagai bidang membawa manfaat yang baik untuk tiap bidang.Kata kunci: Eye Tracking, AOI, Ketertarikan Pelanggan

Author Biographies

Renta Br Gultom, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Juni Nurma Sari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Dewi Hajar, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

References

Sari, J. N, “An Eye Tracking Study:Exploration Customer Behavior on Web Design”, Bandung, 2015

TheEyeTribe. (2016). Eye Tracking. Akses pada tanggal 10 Mei 2016 dari http://theeyetribe.com/

Karnita, R., & Meiralarasari, D, “Metode Visual Interpretatif Terhadap Tampilan Visual Iklan Media Cetak Sebagai Alternatif Analisa dari Metode Eye Tracking”, J@TI Undip, 2010

Khayati, E. Z., & Asiatun, K, “Ketertarikan Konsumen Terhadap Produk Busana Dari Bahan Sutera ATBM dengan Stilasi Motif Modern dan Manipulating Fabic di Daerah Istimewa Yogyakarta”, Yogyakarta, 2013

Risti , O., & Riasti, B. K, “Pembuatan E-Commerce pada Toko Velg Mobil Limited Edition Berbasis Opencart”, Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA,2013

Zalvi, R. A, “Perancangan Media Belajar Membaca Untuk Anak Dengan Analisa Menggunakan Eye Tracking”, Politeknik Caltex Riau, 2015

Taufan, R, “Pembelajaran Rambu-Rambu Lalu Lintas Menggunakan Eye Tracking” Politeknik Caltex Riau, 2015

TheEyeTribe. (2014). Basics Eye Tracking. Akses pada tanggal 10 Mei 2016 dari http://dev.theeyetribe.com/general/

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel