Implementasi Teknologi Eye Tracking Pada Berbagai Bidang
Abstract
Perkembangan teknologi semakin maju dan berkembang, terutama teknologi eye tracking. Teknologi eye tracking merupakan teknologi yang digunakan untuk mengetahui titik pandang seseorang terhadap suatu objek yang akan diteliti. Objek yang diteliti disebut sebagai Area Of Interest (AOI). Perkembangan eye tracking mengikuti perkembangan teknologi. Eye tracking dapat diterapkan pada teknologi berbasis desktop dan website. Teknologi eye tracking dapat diimplementasikan secara langsung dalam berbagai bidang. Eye tracking telah diimplementasikan pada bidang pendidikan seperti media belajar membaca dan media pembelajaran rambu lalu lintas. Pada bidang pendidikan eye tracking membantu siswa usia        4-11 tahun dalam membaca dan mempelajari rambu-rambu lalu lintas. Bidang marketing seperti penjualan busana wanita, media iklan, dan e-commerce otomotif mobil. Pada bidang marketing membantu pihak pemilik usaha dalam mengetahui ketertarikan pelanggan terhadap objek yang diteliti dan meningkatkan keuntungan dalam usaha. Penerapan eye tracking dalam berbagai bidang membawa manfaat yang baik untuk tiap bidang.Kata kunci: Eye Tracking, AOI, Ketertarikan PelangganReferences
Sari, J. N, “An Eye Tracking Study:Exploration Customer Behavior on Web Designâ€, Bandung, 2015
TheEyeTribe. (2016). Eye Tracking. Akses pada tanggal 10 Mei 2016 dari http://theeyetribe.com/
Karnita, R., & Meiralarasari, D, “Metode Visual Interpretatif Terhadap Tampilan Visual Iklan Media Cetak Sebagai Alternatif Analisa dari Metode Eye Trackingâ€, J@TI Undip, 2010
Khayati, E. Z., & Asiatun, K, “Ketertarikan Konsumen Terhadap Produk Busana Dari Bahan Sutera ATBM dengan Stilasi Motif Modern dan Manipulating Fabic di Daerah Istimewa Yogyakartaâ€, Yogyakarta, 2013
Risti , O., & Riasti, B. K, “Pembuatan E-Commerce pada Toko Velg Mobil Limited Edition Berbasis Opencartâ€, Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA,2013
Zalvi, R. A, “Perancangan Media Belajar Membaca Untuk Anak Dengan Analisa Menggunakan Eye Trackingâ€, Politeknik Caltex Riau, 2015
Taufan, R, “Pembelajaran Rambu-Rambu Lalu Lintas Menggunakan Eye Tracking†Politeknik Caltex Riau, 2015
TheEyeTribe. (2014). Basics Eye Tracking. Akses pada tanggal 10 Mei 2016 dari http://dev.theeyetribe.com/general/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.