Analisis Data Mining dengan Menggunakan Algoritma K-Means dan K-NN untuk Mengenali Pola Alcoholic Liver Disease (ALD)

Authors

  • Imas Nevilyta Politeknik Caltex Riau
  • Dini Hidayatul Qudsi Politeknik Caltex Riau
  • Muhammad Ihsan Zul Politeknik Caltex Riau

Abstract

Kesehatan merupakan kondisi sejahtera dari badan, jiwa dan sosial. Pola hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesehatan, salah satunya dengan mengkonsumsi alkohol. Konsumsi minuman beralkohol yang cukup tinggi dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan efek yang kurang baik bagi kesehatan. Alcoholic Liver Disease (ALD) merupakan salah satu penyakit yang disebabkan akibat mengkonsumsi alkohol. Apabila penyakit Alcoholic Liver Disease (ALD) terjadi secara kontinu, maka akan menyebabkan resiko yang cukup tinggi bagi penderita. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang dapat menetukan tingkat resiko Alcoholic Liver Disease (ALD) dengan memanfaatkan data Alcoholic Liver Disease (ALD). Data tersebut akan dikelompokkan terlebih dahulu berdasarkan tingkat resiko menggunakan algoritma k-means. Kemudian untuk dapat melakukan prediksi tingkat resiko, penelitian ini menggunakan algoritma k-NN. Setelah melakukan pengujian menggunakan confusion matrix terhadap sistem yang telah dihasilkan untuk prediksi K-NN memiliki akurasi sebesar 99,029% dan error rate sebesar 0,971%.Kata kunci: Alcoholic Liver Disease, ALD, K-Means, K-NN, Confusion Matrix, Purity

Author Biographies

Imas Nevilyta, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Dini Hidayatul Qudsi, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Muhammad Ihsan Zul, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Management of Substence Abuse, World Health Organization: http://www.who.int/substance_abuse/facts/en/, t.t.

Riveranda, O, “Rancang Bangun Aplikasi Data Mining untuk Memprediksi Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Web dengan Algoritma K-NN (Studi Kasus: SMKN 2 Pekanbaru)”, Jurnal Komputer Terapan Vol 2, No. 2. Politeknik Caltex Riau., 2016.

Wardhani, A. K, “Implementasi Algoritma K-Means untuk Pengelomokkan Penyakit Pasien Puskesmas Kajen Pekalongan”, Jurnal Transformatika, Vol 14, No. 1. Universitas Diponegoro, 2016.

Lestari, M, “Penerapan Algortima Klasifikasi Nearest Neighbor (K-NN) untuk Mendeteksi Jantung”, Faktor Exacta. Universitas Indraprasta, 2014.

Irwansyah, E., & Faisal, M, “Advanced Clustering Teori dan Aplikasi”, DeePublish, 2015.

Teknomo, K, “KNN Numerical Example”, Revoledu: http://people.revoledu.com/kardi/

tutorial/KNN/KNN_Numerical-example.html, t.t.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel