Rekomendasi Peminjaman Buku dengan Menerapkan Algoritma Apriori pada SLIMS

Authors

  • Indriani Indriani Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau
  • Muhammad Ihsan Zul Politeknik Caltex Riau

Abstract

Perpustakaan merupakan fasilitas yang memberikan layanan seperti sirkulasi dan referensi yang menghasilkan sejumlah data. Aplikasi dapat membantu proses layanan dan data yang dihasilkan. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu layanan perpustakaan saat ini adalah SLIMS. SLIMS merupakan sistem perpustakaan open source yang memberikan layanan dan menghasilkan sekumpulan data seperti data peminjaman. Data peminjaman bisa diolah menggunakan data mining algoritma apriori untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan baru dengan menghasilkan pola peminjaman dari data peminjaman. Algoritma apriori dapat menangani data dengan jumlah besar seperti data peminjaman yang terus bertambah tiap tahun dan merupakan algoritma yang paling sering digunakan untuk pencarian pola frekuensi tinggi. Pola peminjaman yang diperoleh dapat memberikan rekomendasi buku kepada pengunjung untuk membantu mencari buku yang sesuai untuk dibaca. Rekomendasi buku dengan apriori ini ditambah sebagai fitur di SLIMS. Pada pengujian fungsi fitur dengan ISO 9126-2 memberikan hasil bahwa fitur berfungsi dengan baik dan benar. Pengujian kompleksitas dengan cyclomatic complexity diperoleh nilai 13 yang berarti bahwa prosedur dalam fitur masih kompleks sehingga harus disederhanakan lagi agar mudah dikembangkan dan dipelihara. Berdasarkan pengujian lift ratio menghasilkan 0 < lift < 1 yaitu kombinasi buku yang didapat memiliki asosiasi yang lemah sehingga tidak sering dipinjam bersamaan.Kata kunci: Apriori, Cyclomatic Complexity, ISO 9126-2, Lift Ratio, Rekomendasi Buku, SLIMS

Author Biographies

Indriani Indriani, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Muhammad Ihsan Zul, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

TIK-151, “Undang-Undang nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan,” 2014. .

P. Sumardji, Perpustakaan Organisasi dan Tata Kerjanya. Yogyakarta: Kaninius, 1998.

D. P. Sari, “Data Mining Perkiraan Produksi Spanduk dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus:CV.Mentari Persada Medan,” vol. 9, 2015.

E. W. T. D, “Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori untuk Analisa Pola Data Hasil Tangkapan Ikan,” 2008.

Erwin, “Analisis Market Basket dengan Algoritma Apriori dan FP-Growth,” 2009.

R. & R. Yanto & Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,” Citec J., vol. 2, 2015.

M. P. Nurisnaini, “Analisis Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Menentukan Relasi Pembelian Produk pada Restoran Tengger Malang Brebes,” 2014.

Y. Ikhsana, Implementasi Data Mining dengan Menggunakan Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Penjualan Barang (Studi Kasus: Berkah Swalayan). Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau, 2015.

R. P. Indahyahni, “Penggunaan Algoritma Apriori untuk Menentukan Rekomendasi Strategi Penjualan pada Toserba Diva,” 2015.

H. Rachmawati, Testing & Implementasi Sistem. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau, 2013.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel