Penerapan Framework of Dynamic CRM dalam Pengembangan Sistem Informasi Klinik Hewan (Studi Kasus: Klinik Hewan Pekanbaru Medical Veteriner)

Authors

  • Nadhira Masthuraty Salisa Politeknik Caltex Riau
  • Ardianto Wibowo Politeknik Caltex Riau
  • Yohana Dewi Lulu Politeknik Caltex riau

Abstract

Teknologi informasi yang berkualitas dan mampu memenuhi kebutuhan digunakan untuk pengaksesan dan pemrosesan informasi yang lebih efektif dan efisien, salah satunya terletak pada teknologi yang dibutuhkan oleh klinik hewan. Salah satu klinik hewan di Pekanbaru masih melakukan pencatatan data layanan pelanggan secara manual, duplikasi data pelanggan, dan penurunan tingkat kedatangan pelanggan berulang yang datang merupakan masalah utama yang terjadi. Agar meningkatkan inovasi nilai kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan perlu dilakukan penerapan teknologi informasi yaitu Customer Relationship Management (CRM). Melalui framework of dynamic CRM sebagai salah satu fitur yang terdapat pada CRM, agar memperoleh informasi kepuasan pelanggan yang memiliki loyalitas. Penelitian ini menerapkan metode K-Means untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan transaksi dan sifat loyalitas kepada klinik hewan. Pengujian yang digunakan adalah black box testing pada sistem yang menyatakan bahwa sistem diterima oleh user. Berdasarkan user acceptance testing yang dilakukan sebanyak empat kali, diperoleh hasil perhitungan sebesar 100%, yang menyatakan bahwa sistem sudah berjalan dengan baik dan berdasarkan pengujian usability untuk mengukur keloyalan pelanggan didapatkan persentase 92,46% bahwa aplikasi ini mampu mendapatkan pelanggan yang loyal dan dari pelanggan yang loyal dapat meningkatkan keuntungan finansial untuk klinik hewan.Kata kunci: Customer Relationship Management, K-Means, Framework of Dynamic CRM, Kepuasan Pelanggan.

Author Biographies

Nadhira Masthuraty Salisa, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Ardianto Wibowo, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Yohana Dewi Lulu, Politeknik Caltex riau

Sistem Informasi

References

Mujiastuti, R & Handayani, R. D. (2014). Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) dengan Metode Framework of Dynamic CRM. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kemenkes RI. (2014). Retrieved from Kementrian Kesehatan Republik Indonesia: http://depkes.go.id/article/view/201410080002/lingkungan-sehat-jantung-sehat.html.

Han, J., Kamber, M., & Pei, J. (2012). Data Mining Concepts and Techniques. San Fransisco,CA: Morgan Kaufmann.

Pramudiono, I. (2003). Pengantar Data Mining : Menambang Permata Pengetahuan di Gunung Data. Kuliah Umum Ilmu Komputer.com.

Yunitarini, R., Santoso, P. B., & Nurwarsito, H. (2012). Implementasi Perangkat Lunak Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) dengan Metode Framework of Dynamic CRM

Mujiastuti, R., & Haryani, R. D. (2014). Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) dengan Metode Framework of Dynamic CRM

Santiko, Irfan (2014). Analisis Customer Relationship Management (CRM) di PT. JC Indonesia Yogyakarta

Ong, J. O. (2013). Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President University. President University.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel