User Centered Design (UCD) Dalam Digital Library Berbasis Android

Authors

  • Insyafly Setiawan Politeknik Caltex Riau
  • Istianah Muslim Politeknik Caltex Riau
  • Ibnu Surya Politeknik Caltex Riau

Abstract

Perpustakaan digital merupakan pengembangan sistem dan manajemen yang dilakukan oleh perpustakaan untuk meningkatkan kualitas layanan dan operasional pengguna perpustakaan. Dalam pengembangannya, aplikasi digital library sudah diimplementasikan ke perangkat android sehingga dapat digunakan secara mobile, namun aplikasi digital library yang ada belum memenuhi kriteria user friendly. Maka dari itu dibangunlah suatu aplikasi digital library berbasis android yang user friendly dan memiliki tingkat usability yang tinggi dan dapat memberikan informasi koleksi buku perpustakaan dengan menerapkan metode UCD dan dapat diakses secara mobile. UCD adalah sebuah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari sebuah proses pengembangan sistem. Metode user centered design melibatkan calon pengguna pada tahap awal pengembangan sehingga calon pengguna dapat memberikan masukkan mengenai antarmuka aplikasi. Dalam pengembangan aplikasi ini, dilakukan pengumpulan kebutuhan pengguna melalui kuesioner dan terjadi tiga kali iterasi dalam proses UCD. Hasil pengujian five second test menunjukkan bahwa aplikasi memberikan pengaruh yang baik kepada pengguna dan dapat dengan mudah diingat oleh pengguna. Hasil usability testing menggunakan perhitungan skala likert menunjukkan bahwa 82% pengguna setuju bahwa aplikasi ini telah memenuhi kriteria user experience dan 81% pengguna setuju bahwa aplikasi ini telah memenuhi kriteria user interface, dan 91% pengguna setuju bahwa aplikasi ini telah memenuhi kriteria user friendly.Kata kunci: Digital Library, Ucer Centered Design (UCD), android, user friendly, usability testing.

Author Biographies

Insyafly Setiawan, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Istianah Muslim, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informaasi

Ibnu Surya, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

I. Muslim, “Perspektif Pengguna dalam Perancangan UserInterface pada Website Digital Library,” J. sains, Teknol. dan Ind., vol. 13, no. 1, pp. 39–45, 2016.

A. Amborowati, “Rancangan Sistem Pameran Online menggunakan Metode UCD (User Centered Design),” STMIK AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta, 2011.

Z. D. Sallatan and N. Nikentari, “M-Library Berbasis Android Menggunakan Protokol Json ( Studi Kasus : FT – UMRAH ),” pp. 1–9, 2013.

S. Y. Putri, “Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web dengan Menerapkan Metode User Centered Design (Studi Kasus : SMP Negri 1 Tanjung Morawa),” STMIK Budi Darma Medan, Medan, 2013.

Hariyanto, “Penerapan User Centered Design Pada Perangkat Lunak Untuk Ensiklopedia Kedokteran Berbasis Android,” Universitas Binadarma Palembang, Palembang, 2015.

N. Saputra, “Pustaka Digital Berbasis Android,” Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru, 2015.

M. Riadi, “Pengertian, Jenis dan Tujuan Perpustakaan,” Kajian Pustaka. 2012.

D. Lawrence, “David’s Blog.” 2016.

S. K. YEN LINA PRASETIO M.COMPSC., “BINUS UNIVERSITY School of Computer Science.” 2016.

“www.pidoco.com,” Pidoco. 2016.

S. Salbino, Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi, 2014.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel