Simulasi Pergerakan Manusia Menggunakan Motion Capture

Authors

  • Andi Prasetia Politeknik Caltex Riau
  • Meilany Dewi Politeknik Caltex Riau
  • Juni Nurma Sari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Animasi adalah suatu gambar bergerak yang digerakkan dari kumpulan-kumpulan gambar. Pada saat ini, seorang animator dalam membuat gerakan karakter pada film animasi 3D masih ada yang menggunakan metode frame by frame. Metode ini membutuhkan waktu pembuatan yang lama sehingga dibutuhkan metode lain yang lebih cepat. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode motion capture. Penelitian ini membangun simulasi karakter manusia kedalam animasi 3D dengan metode motion capture dan menerapkannya pada animasi 3D di aplikasi unity. Penangkapan gerak manusia dibantu dengan menggunakan sensor kinect xbox 360. Penelitian ini mengujikan dua hal yang pertama realtime inputan gerakan manusia pada karakter 3D, realtime inputan ini berupa gender, jarak user, tinggi badan user, dan cahaya ruangan. Yang kedua adalah membandingkan waktu pembuatan dan kualitas akhir menggunakan metode frame by frame dan motion capture. Hasil pengujian menunjukkan metode motion capture dengan kinect xbox 360 membantu animator membuat animasi lebih cepat..Kata Kunci: Simulasi, Animasi 3D, Karakter, frame by frame, Kinect, Motion capture.

Author Biographies

Andi Prasetia, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Meilany Dewi, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Juni Nurma Sari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Eridinal, Zulfahmi (2013), Simulasi 3D Pesawat Terbang Dengan Pengontrolan Joystick. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau..

Mayendra, Teguh M (2013), Simulasi Animasi Tiga Dimensi Gerombolan Ikan dalam Akuarium Virtual Menggunakan ALgoritma Artifical Bee Colony dan Bounding Box Collision Detection. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.

Indraswari, Erika Dignitya (2012), Kiat Belajar Sistem Gerak Karakter Animasi. Jakarta: University Binus.

Permadi, Johanes Baptista (2013), Analisis Akting Dalam Animasi Karakter Amatir Dengan Tolak Ukur Profesional. Jakarta: Binus university.

Hasahatan, Doddy (2014), Perancangan dan Implementasi Kinect Motion Capture Sensor untuk Interaksi dan Pembelajaran Tunawicara. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau

Suryajaya, I Dewa Bagas (2013), Penerapan Microsoft Xbox Kinect Motion Capture Sensor dalam Adegan Pertarungan untuk Film Animasi 3D “Selamatkan Bumi”. Yogyakarta: AMIKOM Yogyakarta.

Indrajit, Wisnu (2012), Rancang Bangun Sistem Motion Capture dan Database Motion untuk Robot Humanoid dengan Perangkat Microsoft Kinect Berbasis Ros (Robot Operating System). Depok: Universitas Indonesia.

.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel