Rancang Bangun Sistem Keamanan Pintu Untuk Deteksi Pembobolan Menggunakan Raspberry Pi Dengan Kontrol Via Android

Authors

  • Maulana Muhammad Ariq Ikbar Politeknik Caltex Riau
  • Muhammad Arif Fadhly Rida Politeknik Caltex Riau
  • Rahmat Suhatman Politeknik Caltex Riau

Abstract

Salah satu tujuan penggunaan pintu adalah untuk meningkatkan keamanan suatu bangunan. Namun masih ada kemungkinan suatu pintu bangunan dibobol oleh pihak tidak bertanggung jawab dan tidak ada pemberitahuan ketika pintu dibobol. Sistem keamanan pintu yang telah dibangun untuk mendeteksi pembobolan masih memerlukan kontrol secara on-site. Selain itu, pengguna tidak bisa memantau kondisi rumah secara visual dan dari jarak jauh. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibangunlah sebuah sistem keamanan pintu untuk mendeteksi pembobolan menggunakan Raspberry Pi dengan kontrol Android untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sensor secara off-site. Jika terdeteksi adanya pembobolan pintu, sistem dapat memberikan pemberitahuan berupa pesan Short Message Service (SMS) ke pengguna, lalu merekam peristiwa pembobolan ke dalam bentuk video atau menampilak live streaming kondisi keadaan pintu rumah melalui halaman web dan aplikasi Android. Berdasarkan data hasil pengujian yang dilakukan pada pengguna tunggal dan multiuser, sistem keamanan pintu ini dapat menjalankan semua fungsinya seperti bisa dikontrol dari jarak jauh, mengirimkan sms pemberitahuan, merekam video pembobolan dan menampilkan live streaming kondisi keadaan rumah dengan tingkat keberhasilan 100%. Berdasarkan pengujian kuesioner pada 30 responden didapatkan hasil bahwa pengguna setuju bahwa tampilan aplikasi dan website sistem mudah dimengerti dan sistem bisa berjalan sesuai dengan fungsi yang diharapkan.Kata kunci: sistem keamanan pintu, raspberry pi, magnetic switch, video, live  streaming, android.

Author Biographies

Maulana Muhammad Ariq Ikbar, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Muhammad Arif Fadhly Rida, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Rahmat Suhatman, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Lengkawa, Hipraliyanti Siti Asiah. (2014). Rancang Bangun Sistem Monitoring Keamanan Rumah dengan Menggunakan Raspberry Pi. Universitas Gunadarma.

Riyadi, Slamet. (2013). Sistem Pengendalian Keamanan Pintu Rumah Berbasis SMS (Short Message Service)Menggunakan Mikrokontroler ATMEGA 8535.

Rahajoeningroem, Tri. (2013). Sistem Keamanan Rumah dengan Monitoring Menggunakan Jaringan Telepon Selular. Universitas Komputer Indonesia.

Prawiroredjo, Kiki dan Junanto, Beno Adi Nugraha. (2012). Sistem Keamanan Mobil Berbasis Mikrokontroler dengan Fasilitias Short Messages Service. Fakultas Teknik Unika Atma Jaya.

Jefry. (2015), “Rancang Bangun Sistem Keamanan Pintu Untuk Deteksi Pembobolan Menggunakan Raspberry Pi Dengan Kontrol Via Android”. Pekanbaru : Politeknik Caltex Riau.

Raspberry Pi Foundation. (t.t). What Is A Raspberry Pi?. Diambil 15 November 2014 dari http://www.raspberrypi.org/help/what-is-a-raspberry-pi/

Lee, Wei Meng. (2012). Beginning Android™ 4 Application Development. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc.

Adafruit. (t.t). Magnetic contact switch (door sensor). Diambil 18 Juli 2016dari http://www.adafruit.com/product/375

Sugeng, W., Istiyanto, J. E., Mustofa, K., & Ashari, A. (2015b). The Impact of QoS Changes towards Network Performance. International Jurnal of Computer Networks and Communications Security, 3(2), 48–53. Retrieved from http://www.ijcncs.org/published/volume3/issue2/p5_3-2.pdf

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel