Rancang Bangun Aplikasi Instant Messaging Client Terenkripsi Berbasis Android menggunakan Algoritma RSA

Authors

  • Farhan Hasan Politeknik Caltex Riau
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau
  • Dini Nurmalasari Politeknik Caltex Riau

Abstract

Setiap kali melakukan online chatting bukan berarti data yang dikirimkan ke lawan chatting tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga seperti ISP atau bahkan oknum-oknum yang ingin menyalahgunakan data yang dikirim atau terima. Untuk mengatasi pembacaan data oleh pihak ketiga, dilakukan enkripsi pada data yang akan dikirimkan. Algoritma RSA (Rivest-Shamir-Adleman) merupakan salah satu algoritma enkripsi yang menjadi standar de facto dunia dan telah banyak diimplementasikan, misalnya pada aplikasi instant messaging. Implementasi algoritma RSA tersebut dilakukan ketika pengguna akan melakukan pengiriman data ke pengguna aplikasi instant messaging lainnya. Untuk itu, maka dibangunlah instant messaging terenkripsi dengan menggunakan algoritma RSA. Berdasarkan hasil pembuatan Instant Messaging terenkripsi menggunakan algoritma RSA Diketahui tiga hal yaitu hasil sniffing yang dilakukan oleh salah satu anggota UKM Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Politeknik Caltex Riau menemukan bahwa algoritma RSA telah berjalan dengan baik untuk enkripsi pesan yang dikirimkan oleh client pengirim ke client penerima dan pada saat yang sama telah terjadi peningkatan waktu yang dibutuhkan aplikasi instant messaging untuk pemprosesan pesan hingga diterima penerima sebanyak 4 kali lipat dibandingkan ketika tidak menggunakan algoritma RSA.Kata kunci: Instant Messaging, Enkripsi, RSA, Rivest-Shamir-Adleman

Author Biographies

Farhan Hasan, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Dini Nurmalasari, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

References

Latumahina, Rosalinda Elsina.(2014). “Aspek Hukum Perlindungan Data Pribadi di Dunia Maya”. Fakultas Hukum. Surabaya: Universitas Pelita Harapan.

Kim Zetter.(2010). “TJX Hacker Gets 20 Years in Prison”. https://wired.com/2010/03/tjx-sentencing/.

Rosnawan, Dadan.(2011). "Aplikasi Algoritma RSA untuk Keamanan Data pada Sistem Informasi Berbasis Web". Semarang: Universitas Negeri Semarang.

IDC.(2015). “Smartphone OS Market Share, 2015 Q2”. http://idc.com/prodserv/smartphone-os-market-share.jsp#.

Calvi, Richard & Xie, Tianyu.(2004). “Rijndael Chat Client in Java”. http://cs.cornell.edu/BOOM/2004sp/ProjectArch/Rijndael%20Chatcsuglab.cornell.edu/index 25.html.

Ayuningtyas, Arinta Nugrahani.(2011).”Implementasi Metode Kriptografi RSA pada Priority Delaer untuk Layanan Penjualan dan Pemesanan Handphone Berbasis J2ME”. Jurusan Teknik Telekomunikasi.Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Mahputra, Respati Bary & Suadi, Wahyu.(2010). “Aplikasi Mobile Chat pada Android”. Jurusan Teknik Informatika. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel