Perancangan Prototype Fitur Virtual Class pada E-Learning berbasis PHP
Abstract
Kegiatan perkuliahan tatap muka, atau perkuliahan reguler adalah suatu kegiatan yang wajib diikuti mahasiswa untuk dapat lulus dari suatu perguruan tinggi. Kegiatan perkuliahan reguler juga penting bagi mahasiswa untuk menambah ilmu dan wawasan mahasiswa. Namun banyak kondisi yang tidak memungkinkan berjalannya kegiatan perkuliahan ini. Kondisi-kondisi ini dapat berupa bencana alam, sampai kesibukan dosen terkait sehingga tidak tercapainya syarat kehadiran perkuliahan. Untuk mengatasi masalah ini dibuat sebuah prototipe fitur pada e-learning yang dapat mewadahi kegiatan perkuliahan secara online untuk menggantikan perkuliahan reguler di saat kondisi tidak memungkinkan. Fitur ini menyediakan fungsi-fungsi yang dibutuhkan untuk memenuhi kriteria kegiatan perkuliahan, seperti akses terjadwal, presensi kehadiran, dan pengecekan keaktifan mahasiswa dalam memperhatikan materi. Dilihat dari hasil kuesioner, prototipe fitur ini terbukti dapat membantu melengkapi fitur-fitur yang ada pada e-learning saat ini, dengan 82% responden dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah, 65% responden setuju aplikasi ini cukup mewakili kondisi-kondisi yang ditemui di pertemuan tatap muka, dan 65% responden yakin aplikasi ini dapat menggantikan kelas tradisional.Kata kunci: E-learning, Virtual Classroom, Distance LearningReferences
Ardiansyah, I. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung, Indonesia.
Blackwell, A. H., dan Manar, E. 2015. UXL Encyclopedia of Science. Gale. Farmington Hills, MI
Hartley, D. E. 2001. Selling E-Learning. Alexandria: American Society for Training and Development.
Hastomo. Pengertian dan Sejarah PHP. Diambil pada 22 Mei 2016 dari http://hastomo.net/php/pengertian-dan-sejarah-php.
Koran, J. K. C. 2006. Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolah Malaysia. Bandung: File Direktori UPI.
Riyadi, A. 2011. Perancangan E-Learning Virtual Classroom Menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash. Diambil pada tanggal 23 Juni 2016 dari http://dokumen.tips/documents/perancangan-e-learning-virtual-classroom-menggunakan-multimedia-pembelajaran-interaktif-berbasis-flash-55b843863591a.html
Siahaan, S. 2003. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 9, no. 42, pp. 303-321.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.