Implementasi Data Mining Pengelompokan Dan Pemetaan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Menggunakan Metode Clustering
Abstract
Dinas Pendidikan merupakan sebuah lembaga Pemerintahan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan dibidang Pendidikan. Dinas Pendidikan wajib memberikan pelayanan tepat guna untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah, salah satunya adalah pendidikan Sekolah Dasar. Peningkatan mutu pendidikan Sekolah Dasar dilakukan dengan menerapkan standar yang telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Standar Pelayanan Minimal.Standar Pelayanan Minimal merupakan tolak ukur yang terdiri atas indikator yang berisikan standar-standar yang harus diperhatikan oleh Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan.Untuk menentukan sebuah Sekolah Dasar tersebut memenuhi Standar Pelayanan Minimal, Dinas Pendidikan perlu melakukan pengelompokan data sekolah berdasarkan indikator Standar Pelayanan Minimal dengan seksama dan benar. Pada proyek akhir ini akan dibangun sebuah sistem pengimplementasian Data Mining pengelompokan mutu pendidikan Sekolah Dasar berdasarkan Standar Pelayanan Minimal menggunakan metode Clustering K-Means sebagai metode pengelompokan data dan visualisasi hasil pengelompokan data dalam bentuk pemetaan menggunakan Google Maps. Diharapkan dengan adanya sistem ini, dapat membantu Dinas Pendidikan untuk melakukan pengelompokan data seluruh Sekolah Dasar sehingga pengetahuan tersebut berguna sebagai dasar dan acuan untuk pengambilan kebijakan strategis berikutnya.Kata kunci: Dinas Pendidikan, Standar Pelayanan Minimal, Clustering, K-Means, Data Mining.References
Budidoyo, Agung. (2010). Sms Gateway Overview. Diambil 15 November 2013 dari http://www.slideshare.net/ABYSlides/sms-gateway-4649245
Zhao, Ying (t.t). Learning User Keystroke Patterns for Authentication
Watson, Arthur H & McCabe, Thomas J. (tt). Structured Testing: A Testing Methodology Using the Cyclomatic Complexity Metric.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.