Sistem Informasi Optimasi Jalur Distribusi Barang pada PT Aice Krim Multirasa Indonesia

Authors

  • Erna Puspita Sari Politeknik Caltex Riau
  • Dewi Hajar Politeknik Caltex Riau
  • Memen Akbar Politeknik Caltex Riau

Abstract

PT Aice Krim Multirasa Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang distribusi consumer product khususnya es krim dengan melakukan pendistribusian barang ke gerai-gerai yang terkait. Tingginya permintaan customer dan rentannya tekstur es krim berubah memaksa PT Aice Krim untuk menyediakan barang tersebut sesegera mungkin. Selama ini, pengiriman barang dari depo ke gerai/toko berdasarkan pengalaman supir, sehingga rute yang dilalui bukan merupakan jalur tercepat untuk mencapai tujuan. Maka dicarilah alternatif untuk mengelola jalur pengiriman barang dengan memperhitungkan jarak dan kepadatan jalan. Sistem informasi ini dapat membantu menyelesaikan masalah pengiriman barang dengan menggunakan logika fuzzy dan algoritma genetika. Hasil pengujian white box menunjukkan bahwa sistem ini kompleks dan memiliki tingkat resiko kegagalan yang tinggi. Sedangkan hasil pengujian black box dan UAT dari sistem yang telah dibuat menunjukkan bahwa sistem ini berjalan dengan baik. Dengan menggunakan sistem informasi optimasi, total jarak tempuh mengalami penurunan sebesar 222,85 km atau 12,57% dan total biaya distribusi mengalami penurunan sebesar Rp. 114.793 atau sebesar 12,57%. Hal ini terbukti bahwa logika fuzzy dan algoritma genetika mampu menghemat jarak tempuh dan biaya konsumsi bahan bakar. Kata kunci: PT Aice Krim Multirasa Indonesia, Distribusi, Logika Fuzzy, Algoritma Genetika

Author Biographies

Erna Puspita Sari, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Dewi Hajar, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Memen Akbar, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

References

Jabidi. “Optimasi Distribusi LPG di Jakarta.” Universitas Indonesia, Jakarta, 2012

Joni, I., Nurcahyawati, V. “Penentuan Jarak Terpendek Pada Jalur Distribusi Barang di Pulau Jawa dengan Menggunakan Algoritma Genetika.” STMIK STIKOM Indonesia, Surabaya, 2012.

Cahyaningrum, D. T. I. I. M. “Optimasi Rute Distribusi Tabung Gas Menggunakan Metode Algoritma Genetika (Studi Kasus: PT Samator Gas Gresik).” Universitas Brawijaya, Malang, 2014

Josua, Firdaus. (2012). Sistem Informasi Pelaksanaan Proyek Akhir PCR dengan Pembebanan Dosen dan Penjadwalan Sidang Menggunakan Metode Algoritma Genetika. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 1(1), 277-285.

Wongso, Teodora. “Optimalisasi Penentuan Rute dengan Pendekatan Forecasting dan Metode Distribusi Saving Matrix serta Perancangan Sistem Informasi Pendistribusian Barang pada Tirta Bintaro.” Binus University, Jakarta, 2012.

Kusumadewi, S., Purnomo, H. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. 2010.

Suprayogi, D.A., and Mahmudy, W. F. “Penerapan Algoritma Genetik Traveling Salesman Problem with Time Window; Studi kasus rute antar jemput laundry.” 2015.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel