Implementasi Sistem Rekapitulasi Hasil Pembelajaran dan Absensi Berbasis Web dengan Framework CodeIgniter (CI) (Studi Kasus: SMA 2 Tualang)

Authors

  • Fandri Atma Politeknik Caltex Riau
  • Wawan Yunanto Politeknik Caltex Riau
  • Ibnu Surya Politeknik Caltex Riau

Abstract

SMA 2 Tualang merupakan sekolah dengan akreditas A tetapi sekolah tersebut proses bisnisnya  masih ada yang  manual, hal ini menimbulkan permasalahan seperti terjadi penumpukan data saat daftar ulang siswa, kesalahan dalam inputan nilai, input absensi, terjadinya kehilangan data sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk merekap dan memperbaiki  data siswa kembali serta informasi yang tidak akurat yang diperoleh orangtua siswa karena kejahilan siswa yang tidak memberikan informasi yang lengkap keorangtua . Untuk itulah dibangun sebuah sistem rekapitulasi nilai dan absensi dengan menggunakan framework CodeIgniter berbasis web. Framework CodeIgniter ini digunakan untuk mempermudah dalam pembuatan sistem dan juga dalam pengembangan sistem  jika ada yang ingin ditambah dan diubah  di dalam sistem tersebut  karena menggunakan konsep Model View Controller (MPC).  Pengujian untuk system ini menggunakan metode User Aceptance Test (UAT), maka hasil yang didapat dari pengelolaan kuisioner dari segi Informasi yang diberikan oleh sistem 93%, menemukan informasi yang di butuhkan 84%, dari segi tampilan 82%, menu-menu pada web 96%, cara penggunaan system 98%, dan serta kepuasan pengguna system 90%.Kata Kunci: Rekapitulasi, Informasi, Sistem Informas, PHP, Framework CodeIgniter (CI)

Author Biographies

Fandri Atma, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Wawan Yunanto, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Ibnu Surya, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Wardani, Susy Kusuma.(2013). Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruah(SMK) PGRI 1 Pacitan.

Ahmad Khoirul Rijal(2010). Sistem Informasi Berbasis Wab pada MTS Al-Muawanah Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang.

Jeffri Prayitno Bangkit Saputra (2013). Sistem informasi akademik dengan metode Berorientasi Objek pada SMP Negeri 1 Pangadegan Kab.Purbalingga.

Alfi Nur Rorhman(2016). Sistem Informasi Akademik dengan Framework CodeIgniter(studi kasus: SMP N 1 Teras Boyolali).

Sulindawati., & Fathoni, M. (2010). Pengantar Analisa Perancangan “Sistem.” SAINTIKOM, 9.

Barakbah, Ali Ridho, dkk. (2013). Logika dan Algoritma. Program Studi Teknik Informatika

Rio Astmal(2010). Modul Pemprograman PHP

Ibnu Daqiqil, (2011). Framework CodeIgniter Sebuah Panduan dan Best Practice. Pekanbaru: Tidak diterbitkan.

Ralavel Indonesia. (16 November 2016). Membangun SMS Gateway dengan Android, SMS Gateway.me dan Laravel. Diperoleh 5 September 2017, dari https://medium.com/laravel-web-id/membangun-sms-gateway-dengan-android-smsgateway-me-dan-laravel-cd4bdaf5d2c4.

Published

2017-12-07

Issue

Section

Artikel