Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kelulusan Penerimaan Siswa Baru Dengan Menggunakan Metode AHP(Analytical Hierarchy Process) Dan MAUT(Multi-Attribute Utility Theory) Studi Kasus : SMA Cendana Pekanbaru

Authors

  • Winda Fitanti Politeknik Caltex Riau
  • istianah muslim Politeknik Caltex Riau
  • Memen Akbar Politeknik Caltex Riau

Abstract

Proses penyeleksian sangat berperan penting dalam penerimaan siswa baru. SMA Cendana Pekanbaru melakukan proses penyeleksian siswa baru dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkan. Kendala yang di hadapi SMA Cendana Pekanbaru yaitu proses penerimaan yang memakan waktu dan pengolahan data yang tidak sesuai. Oleh karena itu dibangunlah sebuah sistem pendukung keputusan dalam penyeleksian siswa baru yang membantu mempersingkat waktu, sesuai dengan standar yang di tetapkan dan meminimalkan kesalahan dalam pengolahan data siswa. Sistem ini menerapkan 2 metode yaitu implementasi metode AHP pada kriteria nilai rapor, nilai UN, hasil psikotest dan sertifikat dan menghasilkan bobot tiap kriteria. Metode MAUT memproses data calon siswa dengan bobot. Hasil dari sistem pendukung keputusan ini adalah pernyataan apakah calon siswa lulus atau tidak. Berdasarkan pengujian dengan black box didapatkan hasil bahwa fungsi dari sistem berjalan sesuai dengan fungsi masing-masing. Pengujian lainnya dengan menggunakan expert jugdgement didapatkan hasil bahwa dari 33 sample, didapat persentase keberhasilan sistem dengan studi kasus mencapai 82,14% serta pengujian dengan dynamic testing didapatkan hasil perhitungan sistem sama dengan perhitungan manual yang dilakukan. Kata Kunci: Penerimaan Siswa Baru, Sistem Pendukung Keputusan, Metode AHP, Metode MAUT.

Author Biographies

Winda Fitanti, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

istianah muslim, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Memen Akbar, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

References

Afandi, A. Y. (2016). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Kerja “Lulusan Badar Tulungagung” Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Indonesian Journal on Networking and Security, 2, 1-6.

Heriansyah, D. (2013). Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Pendekatan Metode pada SMA Dharmawangsa Medan. Jurnal STMIK, 5, 5-23.

IEEE. (1990). IEEE Standard Glossary of Software Engineering Terminology.

Jannah, R., & Lusiana. (2015). Aplikasi Penerimaan Karyawan dengan Metode Multi Attribute Utility Theory. SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, 1, 1-11.

Kurniawan, R. (2008). Membangun Situs dengan PHP. Palembang: Maxikom. [6] Mutaqin, Z. (2010). Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Siswa Baru Di SMA Muhammadiyah 25 SetiaBudi Pamulang. Psikologi, 3, 31-34.

Pressman, R. (2010). Software Engineering. New York: McGraw-Hill.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Setiawan, C., Fauziati, S., & Winarno, W. W. (2014). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Soeprijanto. (2010). Pengukuran Kinerja Guru Praktek Kejuruan. Konsep dan Teknik Pengembangan Instrumen. Jakarta: PT. Tursiana.

Sumar, W. T. (2013). Sistem Penerimaan Siswa Baru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Gorontalo. 1-6.

Tampilang, C. R. (2006). Sistem Pendukung Keputusan untuk Perencanaan Promosi dan Mutasi Jabatan di Hotel Patra Jasa Bandung. Teknologi dan Sistem Informasi, 1, 23-34.

Turban, E., Aronson, J., & Liang, T. P. (2005). Decision Support System and Intelligence System 7 Edition. Prentice Education International.

Wardani, S. K. (2013). Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis WEB Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Pacitan. Indonesian Journal of Network & Security, 2, 32.

Yunitarini, R. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penyiar Radio Terbaik. Ilmiah Mikrotek, 1, 1-14.

Published

2017-12-18

Issue

Section

Artikel