Analisis Data Mining Tingkat Kepuasan Layanan Publik di Lingkungan Pemko Pekanbaru dengan Menggunakan Regresion Analysis General Linear Model
Abstract
Dalam rangka mewujudkan tata kelola yang baik (good governance) di lingkungan pemerintah, ranah pelayanan publik menjadi sebuah isu dasar yang harus menjadi fokus dalam birokrasi pemerintahan. Penelitian diadakan pada Unit Pelayanan Teknis yang berhubungan dengan pelayanan publik untuk kategori layanan administratif di lingkup pemerintah Kota Pekanbaru. Metode Analisis data menggunakan salah satu teknik data mining yaitu teknik regresi untuk kategori regresi linear berganda dengan menggunakan Matlab dimana diperoleh hasil Rata-rata tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di lingkungan Pemko Pekanbaru berada pada range 2.68 dari skala 4 dengan nilai rata-rata perolehan per variabel terdefinisi dengan jelas (X1-X15). Sementara indikator variabel yang paling berpengaruh adalah variabel X1 (prosedur pelayanan)Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.