Analisis Data Mining Tingkat Kepuasan Layanan Publik di Lingkungan Pemko Pekanbaru dengan Menggunakan Regresion Analysis General Linear Model

Authors

  • Warnia Nengsih Politeknik Caltex Riau

Abstract

Dalam rangka mewujudkan tata kelola yang baik (good governance) di lingkungan pemerintah, ranah pelayanan publik menjadi sebuah isu dasar yang harus menjadi fokus dalam birokrasi pemerintahan. Penelitian diadakan pada Unit Pelayanan Teknis yang berhubungan dengan pelayanan publik untuk kategori layanan administratif di lingkup pemerintah Kota Pekanbaru. Metode Analisis data menggunakan salah satu teknik data mining yaitu teknik regresi untuk kategori regresi linear berganda dengan menggunakan Matlab dimana diperoleh hasil Rata-rata tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di lingkungan Pemko Pekanbaru berada pada range 2.68 dari skala 4 dengan nilai rata-rata perolehan per variabel terdefinisi dengan jelas (X1-X15). Sementara indikator variabel yang paling berpengaruh adalah variabel X1 (prosedur pelayanan)

Published

2017-12-26

Issue

Section

Artikel