ANALISA PENGGUNAAN WEBSITE AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS: UNIVERSITAS RIAU)

Authors

  • Warnia Nengsih Politeknik Caltex Riau

Abstract

Website akademik pada Universitas Riau memberikan layanan akses dan informasi bagi segenap civitas akademika pada lingkungan universitas tersebut. Untuk mengetahui apakah implementasi website akademik sudah sesuai dengan standar kualitas yang dibutuhkan, maka perlu adanya analisa penggunaan website dari sisi indikator atau parameter dengan menggunakan standar prinsip desain user interface, yaitu: compatibility, configurability, control, forgiveness, obviousness, preditibility, realibility dan safety. Sistem yang dibangun menggunakan metode pengelompokkan data berdasarkan tingkat kualitas yang dibutuhkan pengguna website. Fuzzy C-Means Clustering adalah suatu teknik clustering atau pengelompokan data dimana tiap data dalam suatu cluster ditentukan oleh derajat keanggotaannya. Metode Fuzzy C-Means pada aplikasi ini menghasilkan output mengenai kualitas website akademik berupa tiga cluster yaitu: cluster 1 sebagai kurang baik memiliki nilai 12,5% dengan indikator atau parameter obviousness, cluster 2 sebagai sangat baik memiliki nilai 50,0% dengan indikator atau parameter compatibility, configurability, control, safety dan cluster 3 sebagai cukup baik memiliki nilai 37,5% dengan indikator atau parameter forgiveness, preditibility, realibility.

Published

2017-12-29

Issue

Section

Artikel