ANALISA PENGGUNAAN WEBSITE AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS: UNIVERSITAS RIAU)
Abstract
Website akademik pada Universitas Riau memberikan layanan akses dan informasi bagi segenap civitas akademika pada lingkungan universitas tersebut. Untuk mengetahui apakah implementasi website akademik sudah sesuai dengan standar kualitas yang dibutuhkan, maka perlu adanya analisa penggunaan website dari sisi indikator atau parameter dengan menggunakan standar prinsip desain user interface, yaitu: compatibility, configurability, control, forgiveness, obviousness, preditibility, realibility dan safety. Sistem yang dibangun menggunakan metode pengelompokkan data berdasarkan tingkat kualitas yang dibutuhkan pengguna website. Fuzzy C-Means Clustering adalah suatu teknik clustering atau pengelompokan data dimana tiap data dalam suatu cluster ditentukan oleh derajat keanggotaannya. Metode Fuzzy C-Means pada aplikasi ini menghasilkan output mengenai kualitas website akademik berupa tiga cluster yaitu: cluster 1 sebagai kurang baik memiliki nilai 12,5% dengan indikator atau parameter obviousness, cluster 2 sebagai sangat baik memiliki nilai 50,0% dengan indikator atau parameter compatibility, configurability, control, safety dan cluster 3 sebagai cukup baik memiliki nilai 37,5% dengan indikator atau parameter forgiveness, preditibility, realibility.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.