Rancang Bangun Sistem Reservasi Hotel dengan Pendekatan Quality Function Deployment

Authors

  • satria gunawan Politeknik Caltex Riau

Abstract

Kemajuan bidang teknologi yang sangat pesat terutama dalam bidang informasi dan komunikasi baik itu software maupun hardware turut menunjang dan membantu penyebaran informasi yang sangat cepat, tepat dan akurat. Contoh perkembangan informasi yang cepat adalah dengan adanya penggunaan website sebagai media transaksi online dalam bidang perhotelan. Website hotel juga harus dapat melakukan transaksi reservasi demi menjaga pelanggannya. Fitur yang dibangun haruslah mudah dimengerti oleh pengguna yang berguna untuk menghindari human error. Oleh karena itu, penelitian ini membangun sistem reservasi hotel dengan pendekatan quality function deployment yang merupakan metode terstruktur yang dapat digunakan dalam proses perencanaan serta pengembangan produk dalam menetapkan spesifikasi kebutuhan dan harapan pelanggan dengan melakukan proses evaluasi produk untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan(Cohen,1995). Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, didapatkan hasil 85,20% responden setuju bahwa sistem ini membantu dalam melakukan reservasi hotel, dan 85,60% setuju bahwa sistem ini bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan. Selain itu, desain visual website ini mampu menarik perhatian 81,60% responden untuk mengunjungi kembali website hotel ini. Kata kunci: Quality Function Deployment, User Experience, Reservasi Hotel.

Downloads

Published

2020-08-26

Issue

Section

Artikel