Implementasi Leap Motion Controller pada Aplikasi Pengenalan Tata Surya

Authors

  • Keken Melfasoni Politeknik Caltex Riau
  • Anggy Trisnadoli Politeknik Caltex Riau
  • Ibnu Surya Politeknik Caltex Riau

Abstract

Tata surya merupakan kumpulan benda-benda langit dimana matahari sebagai pusatnya. Tata surya dikelilingi oleh delapan buah planet dengan orbit berbentuk elips, meteoroid, asteroid, komet, planet-planet, dan satelit-satelit alam dan buatan. Untuk memudahkan dalam pemahaman materi, maka penyampaian materi dapat digabungkan dengan teknologi komputer, salah satunya menggunakan teknologi Leap Motion. Aplikasi pengenalan tata surya dibangun menggunakan aplikasi Unity, dan Blender dengan menyajikan pembelajaran tata surya dengan objek 3D. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa keseluruhan fungsi yang terdapat pada aplikasi pengenalan tata surya sudah sesuai 100% dengan output yang diharapkan. Kemudian didapatkan bahwa Leap Motion dapat mendeteksi tangan pengguna pada rentang 7-50 cm untuk jarak tangan pengguna secara vertikal, rentang 0-40 cm untuk jarak sisi kiri dan kanan Leap Motion, rentang 0-30 cm untuk jarak sisi depan dan belakang Leap Motion, dan terdapat cahaya. Lalu pada pengujian menggunakan Paired Sample t-Test, diperoleh bahwa nilai t-hitung (-20.517) lebih kecil dari nilai t-tabel (1.685) yang berarti bahwa rata-rata nilai siswa sebelum menggunakan aplikasi tidak sama dengan rata-rata nilai siswa sesudah menggunakan aplikasi. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi pengenalan tata surya memberikan pengaruh kepada nilai siswa dalam memahami materi pengenalan tata surya.

Published

2020-08-28

Issue

Section

Artikel