Sistem Informasi Pengadaan Barang Pada Perusahaan Retail (Studi Kasus: Swalayan MIAMI)

Authors

  • Abdul Basir Politeknik Caltex Riau
  • Erwin Setyo Nugroho Politeknik Caltex Riau
  • Memen Memen Politeknik Caltex Riau

Abstract

Swalayan MIAMI merupakan salah satu perusahaan retail yang menyediakan barang-barang pokok dan mentah ke masyarakat. Pada perusahaan retail ini terdapat beberapa masalah yang sering terjadi, seperti dalam melakukan pemesanan barang kepihak supplier. Swalayan MIAMI masih mendapatkan informasi barang melalui dokumen-dokumen dan telepon dari supplier yang terkadang mengakibatkan kesalahan data barang dalam melakukan pengadaan barang. Sulitnya pihak swalayan dalam melakukan pencarian data barang dan data supplier yang masih dalam bentuk dokumen untuk melakukan pengadaan barang, terkadang mengakibatkan dokumen hilang atau rusak yang akan mengakibatkan keterlambatan dalam melakukan pengadaan barang. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pengarsipan yang cepat dan tepat saat pengumpulan dan pengambilan data. Berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada pemilik dan supplier, penerapan sistem informasi pengadaan barang mempermudah pencarian data barang. Mempercepat proses informasi pengadaan, mengurangi kesalahan dalam pengiriman barang serta mengifisienkan biaya operasional yang ada di swalayan MIAMI. Hasil dari pengujian sistem yang menggunakan black box sebagai metode pengujiannya memberikan hasil bahwa sistem yang terdapat pada admin gudang, admin sistem dan pimpinan, seluruh prosesnya berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 

Author Biographies

Abdul Basir, Politeknik Caltex Riau

Sistem Informasi

Erwin Setyo Nugroho, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Memen Memen, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

References

Putri, G.A, Sari, J.N dan Surya, I. (2011). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Mobile Untuk Mengingat Waktu Kadaluarsa Barang Dalam Kemasan Beserta Peta Distributor (Studi kasus di Swalayan Syam Qta, Pekanbaru). Pekanbaru : Politeknik Caltex Riau.

Angelia, A, Yunanto, W dan Syarif, D. (2010). Sistem E-procurement Politeknik Caltex Riau Dengan Analisis OLAP. Pekanbaru : Politeknik Caltex Riau..

Handfield Robert. (2011). What is Supply Chain Management?. Diambil pada 22 februari 2013. http:atauatauscm.ncsu.eduatauscm-articlesatauarticleatauwhat-is-Supply-Chain-Management

Bidgoli Hossein. (2010). The Handbook of Technology. Kanada : Jhon Wiley and Sons

Chopra Sunil dan Meindl Peter. (2009). Supply Chain Management Strategy, Planning & Operations Third Edition. Canada : Pearson Education.

Published

2017-01-13

Issue

Section

Artikel