Aplikasi bengkel Online Berbasis Android dan Web dengan Metode Pengembangan Prototyping ( Studi Kasus : bengkel Jati Service)

  • widya Octaviana Politeknik Caltex Riau

Abstract

Sistem reservasi pada bengkel Jati Service mewajibkan pelanggan langsung menuju bengkel untuk mendapatkan nomor antrean. Pelanggan tidak mengetahui kapan nomor antreannya akan dipanggil. Pencatatan data transaksi pada bengkel dilakukan secara manual pada buku. Dari permasalahan tersebut maka akan dirancang bangun aplikasi bengkel online berbasis android untuk pelanggan dan web untuk pihak Jati Service. Metode pembangunan dari sistem ini menggunakan metode prototyping. Dalam metode ini, terdapat kemudahan perubahan dalam proses pembangunan aplikasi, sehingga metode ini baik dalam mencapai kebutuhan dan kepuasan dari client. Metode prototyping telah berhasil diimplementasikan, pengguna dan pengembang mencapai kesepakatan pada iterasi ke 4.  Berdasarkan pengujian fungsionalitas diketahui bahwa aplikasi telah berjalan dengan benar dan sesuai dengan fungsi yang diharapkan. Sementara berdasarkan hasil pengujian usability, didapatkan 90.85% sangat setuju aplikasi yang dibangun mudah untuk digunakan, kemudian 85.05% responden setuju bahwa aplikasi mudah untuk dipelajari, 83.5% responden merasa sangat puas dengan aplikasi dan 93.45% responden sangat setuju bahwa aplikasi bermanfaat.
Published
2020-08-28
Section
Artikel