Implementation of Augmented Reality as Media for Introduction of Android-Based Arabic Malay Letters
Abstract
Budaya Melayu Riau (BMR) merupakan mata pelajaran muatan lokal yang dahulunya bernama Arab Melayu tetapi sekarang diganti menjadi Budaya Melayu Riau. Aplikasi permainan yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality bertujuan sebagai media alternatif untuk menambah minat siswa dalam mempelajari Budaya Melayu Riau. Berdasarkan wawancara yang dilakukan bersama bapak Sarno, S.Pd.SD selaku guru mata pelajaran Budaya Melayu Riau kelas 5 Sekolah Dasar SDN 39 Pekanbaru, menyatakan perlu dibuat aplikasi permainan sebagai media pengenalan huruf Arab-Melayu untuk siswa dengan menerapkan teknologi Augmented Reality agar permainan tampak nyata. Pengujian terhadap Marker yang telah dilakukan didapatkan disimpulkan bahwa Marker yang berpola yang detail lebih mudah untuk di deteksi oleh kamera. Berdasarkan pengujian kuesioner yang telah dilakukan pada aplikasi kepada siswa dan siswi SDN 39 Pekanbaru kelas 5C didapatkan 91% siswa dan siswi setuju bahwa aplikasi ini dapat menambahkan minat mereka dalam belajar Budaya Melayu Riau dan 83% dari mereka setuju bahwa aplikasi ini dapat mengenalkan salah satu kebudayaan Indonesia kepada mereka.Published
Issue
Section
License
Copyright info for authors
1. Authors hold the copyright in any process, procedure, or article described in the work and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors retain publishing rights to re-use all or portion of the work in different work but can not granting third-party requests for reprinting and republishing the work.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.