Implementation of Augmented Reality as Media for Introduction of Android-Based Arabic Malay Letters

Authors

  • gilang gumelar politeknik caltex riau

Abstract

Budaya Melayu Riau (BMR) merupakan mata pelajaran muatan lokal yang dahulunya bernama Arab Melayu tetapi sekarang diganti menjadi Budaya Melayu Riau. Aplikasi permainan yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality bertujuan sebagai media alternatif untuk menambah minat siswa dalam mempelajari Budaya Melayu Riau. Berdasarkan wawancara yang dilakukan bersama bapak Sarno, S.Pd.SD selaku guru mata pelajaran Budaya Melayu Riau kelas 5 Sekolah Dasar SDN 39 Pekanbaru, menyatakan perlu dibuat aplikasi permainan sebagai media pengenalan huruf Arab-Melayu untuk siswa dengan menerapkan teknologi Augmented Reality agar permainan tampak nyata. Pengujian terhadap Marker yang telah dilakukan didapatkan disimpulkan bahwa Marker yang berpola yang detail lebih mudah untuk di deteksi oleh kamera.  Berdasarkan pengujian kuesioner yang telah dilakukan pada aplikasi kepada siswa dan siswi SDN 39 Pekanbaru kelas 5C didapatkan 91% siswa dan siswi setuju bahwa aplikasi ini dapat menambahkan minat mereka dalam belajar Budaya Melayu Riau dan 83% dari mereka setuju bahwa aplikasi ini dapat mengenalkan salah satu kebudayaan Indonesia kepada mereka.

Published

2020-09-10

Issue

Section

Artikel