Sistem Pendeteksi Parkir Liar Menggunakan Arduino (Studi Kasus : Politeknik Caltex Riau)

Authors

  • Andiko Tungganai Politeknik Caltex Riau
  • Ardianto Wibowo Politeknik Caltex Riau
  • Syefrida Yulina Politeknik Caltex Riau

Abstract

Parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan dalam jangka waktu yang lama. Parkir tidak pada tempatnya dapat terjadi di lingkungan Politeknik Caltex Riau, hal ini dikarenakan mahasiswa yang tidak mengetahui dimana saja lokasi yang tidak diperbolehkan untuk parkir maupun lokasi yang diperbolehkan untuk parkir. Oleh karena itu akan dibuat sebuah sistem yang dapat mendeteksi terjadinya parkir liar dilingkungan Politeknik Caltex Riau dengan menggunakan Arduino. Sistem ini menggunakan sensor ultrasonik sebagai pendeteksi objek kendaraan. Sensor ultrasonik merupakan sensor jarak yang dapat mendeteksi keberadaan objek yang terdapat di depannya. Jika sensor mendeteksi sebuah objek, sensor akan segera mengirim data ke arduino untuk kemudian arduino akan mengeluarkan bunyi alarm sebagai tanda bahwa di lokasi tersebut dilarang untuk parkir, arduino akan mengirimkan data berupa sms dan koordinat untuk ditampilkan pada PC, dan arduino juga akan mengirimkan SMS pada Handphone sebagai pemberitahuan. Hasil yang diharapkan adalah sistem ini dapat mendeteksi terjadinya parkir liar dilingkungan Politeknik Caltex Riau.

Author Biographies

Andiko Tungganai, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Ardianto Wibowo, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Syefrida Yulina, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

References

Dwitama, A. A. (2009). Perancangan Dan Implementasi Sistem Parkir Berbasis RFID Dengan Menggunakan Antarmuka Java dan Basis Data Mysql untuk di Implementasikan pada Lingkungan Parkir FTUI.

Arduino. Retrieved February 02, 2015, from http://Arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardUnoSMD

Parralax. (2011). Retrieved February 02, 2015, from http://www.parallax.com

Kristiyanto, P. (2008). SISTEM TELEMETRI TINGGI MUKA AIR SUNGAI MENGGUNAKAN MODEM GSM BERBASIS MIKROKONTRLER AVR AT-MEGA 32.

Kusrini. (2010). Visual Basic. Yogyakarta: PT. Gramedia Indonesia.

Published

2015-05-13

Issue

Section

Artikel