Aplikasi Pembelajaran Hewan Mamalia Untuk Anak-Anak dengan Menggunakan Pendeteksian Tepi dan Template Matching

Authors

  • Anggianto Wijaya Politeknik Caltex Riau
  • Muhammad Ihsan Zul Politeknik Caltex Riau
  • Wenda Novayani Politeknik Caltex Riau

Abstract

Pembelajaran anak terhadap objek disekitarnya menjadi salah satu aspek penting dalam pertumbuhan anak. Anak dengan usia 3 hingga 4 tahun belajar untuk menerjemahkan bentuk gambaran dalam pikirannya ke dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Oleh karena itu, anak-anak memerlukan sarana pembelajaran, contohnya teknologi yang dapat mengidentifikasi objek sebuah gambar. Sehubungan dengan hal tersebut, dibuat aplikasi pembelajaran anak-anak yang dapat mengenali suatu objek, yaitu hewan mamalia. Aplikasi ini dapat mendeteksi hewan mamalia menggunakan citra hasil tangkapan webcam atau file citra yang sudah ada dengan menggunakan pendeteksian tepi Sobel dan template matching.Persentase keberhasilan identifikasi dengan menggunakan 20 data sampel tampak depan sebesar 55%, 20 data sampel tampak samping sebesar 50%, 10 data sampel dengan pencahayaan terang sebesar 60%, dan 10 data sampel dengan pencahayaan redup sebesar 60%. Sehingga didapatkan persentase rata-rata keberhasilan aplikasi ini adalah sebesar 56,25%. Waktu pemrosesan sebuah citra yaitu sekitar 1 menit. Berdasarkan kuesioner, aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran anak-anak dalam mengenal dan memahami hewan mamalia yaitu sebesar 90,8% dan aplikasi pembelajaran secara visual anak sebesar 91,06%. Kesimpulannya, aplikasi ini masih kurang akurat dalam hal pengidentifikasian hewan mamalia dan tidak terlalu cepat dalam pemrosesan.

Author Biographies

Anggianto Wijaya, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Muhammad Ihsan Zul, Politeknik Caltex Riau

Teknik Informatika

Wenda Novayani, Politeknik Caltex Riau

Teknik Komputer

References

Afissunani, Akhmad, dkk. (t.t). Multi Marker Augmented Reality Untuk Aplikasi Magic Book. Laporan Proyek Akhir Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Ahuja, Kavita dan Tuli, Preeti. (2013). Object Recognition by Template Matching Using Correlations and Phase Angle Method. International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering Vol 2.

Anna P, Kardiawarman, dan Suroso AY. 2003. Ensiklopedi Sains & Kehidupan. Jakarta: Tarity Samudra Berlian.

Bae, Jong Sue. (2008). Image Tracking Algorithm using Template Matching and PSNF-m. International Journal of Control, Automation, and Systems volume 6.

Brunelli, Roberto. (2009). Template Matching Techniques in Computer Vision. United Kingdom: John Wiley and Sons Ltd.

Budisma. (2015). Perbedaan Mamalia dan Hewan. Dikutip 15 April 2015 dari http://budisma.net/2015/01/perbedaan-mamalia-dan-hewan.html.

Gonzales, Rafael. (2002). Digital Image Processing. United States of America: Prentice-Hall, Inc.

Halauw, Karol Woytila dkk. (2014). Sistem Pengoreksi Lembar Jawab Pilihan Ganda Berbasis Citra Menggunakan Webcam. Jurnal Cybermatika.

Pramana, Indra, dkk. (t.t). Tracking Object Menggunakan Metode Template Matching Berbasis Stereo Vision.Laporan Proyek Akhir Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Saputra, Rizky. (2011). Analisa Identifikasi Wajah Menggunakan Metode Eigenface dan Metode Euclidean dengan Pembanding Ekstraksi Ciri. Laporan Proyek Akhir Politeknik Caltex Riau.

Sugianto, Ike R. (2012). Psikologi Anak Usia 0-5 Tahun. Diambil 15 April 2015 dari http://moonsoon213.blogspot.com/2012/06/psikologi-anak-usia-0-5-tahun.html.

Suharso dan Ana Retnoningsih. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang:Widya Karya.

Sigit, Riyanto. (t.t). Citra Bab 8. Diambil pada 2 Maret 2015 dari riyanto.lecturer.pens.ac.id/citra-bab8.pdf.

Wardhana, Adhitya Wishnu dan Prayudi, Yudi. (2008). Penggunaan Metode Template Matching Untuk Identifikasi Kecacatan Pada PCB. Yogyakarta: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008

Wiley. (2010). Image Processing : The Fundamental. United Kingdom: John Wiley and Sons Ltd.

Zhou, Huiyu. (2010). Digital Image Processing Part I. Huiyu Zhou, Jiahua Wu, Jianguo Zhang, & Ventus Publishing ApS.

Published

2015-05-13

Issue

Section

Artikel